Tilang Elektronik Terus Digencarkan di Kota Magelang

Tilang Elektronik Terus Digencarkan di Kota Magelang

ETLE. Petugas dari Satlantas Magelang Kota mengambil gambar pelanggaran lalu lintas sistem E-tilang, Senin, 15 Mei 2023.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKPRES.DISWAY.ID - Polres Magelang Kota hingga saat ini terus menggencarkan penindakanan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) guna mewujudkan masyarakat tertib berlalu lintas.

“ETLE atau tilang elektronik masih berlaku di wilayah Kota Magelang,” ujar Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Afiditya Arief Wibowo, saat dijumpai di Mako Satlantas, Senin 15 Mei 2023.

Ia mengungkapkan, dari bulan Januari sampai dengan April 2023 sebanyak 6.770 pelanggar telah direkam dengan ETLE, pelanggar terbanyak didominasi pengendara yang tidak menggunakan helm dan melanggar rambu Lalu Lintas.

“Sedangkan tilang nonelektronik yang tidak ter-capture dengan ETLE dari bulan Januari sampai dengan April 2023 sebanyak 437 pelanggar,” ucapnya.

BACA JUGA:Masuki Tahun Politik, Abdul Mu’ti Minta Warga Muhammadiyah se-Eks Kedu Jaga Kerukunan

AKP Afid menjelaskan, saat ini Polres Magelang Kota menerapkan ETLE statis, ETLE drone, Mobile Sigap, maupun tilang nonelektronik untuk menjangkau pelanggaran lalu lintas yang tidak bisa tercakup ETLE.

“Penegakan hukum ini menyasar pelanggaran yang kasat mata dan pengguna jalan yang tidak mematuhi rambu lalu lintas,” imbuh Kasat Lantas.

Penindakan ETLE di Kota Magelang, lanjut AKP Afid, hanya dapat dilakukan oleh 20 petugas yang telah terverifikasi dan terkoneksi langsung Ditlantas Polda Jateng. “Jadi tidak semua anggota kepolisian dapat melakukan penindakan ETLE,” terangnya.

Afid mengimbau kepada para pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres