Duta Baca: Kampanyekan Minat Baca Masyarakat di Kota Magelang

Duta Baca: Kampanyekan Minat Baca Masyarakat di Kota Magelang

PENGUMUMAN. Pemilihan Duta Baca yang digelar Dispersip Kota Magelang beberapa waktu lalu.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemilihan Duta Baca Kota Magelang sudah lama tidak dilaksanakan sejak pandemi Covid-19. Baru tahun 2023 ini Pemilihan Duta Baca dapat dilaksanakan kembali, pada Rabu, 17 Mei 2023 lalu.

Tujuan pemilihan Duta Baca adalah meningkatkan indeks literasi dan kegemaran membaca bagi para siswa dan masyarakat di Kota Magelang. Lomba Duta Baca tahun ini mengusung tema “Pengembangan Minat Baca di Era Digital”.

Kegiatan lomba dibagi menjadi dua kategori, Kategori Pelajar dan Kategori Umum, dengan peserta siswa SMP/MTs se Kota Magelang dan siswa SMA/SMK, Mahasiswa, serta masyarakat umum.

BACA JUGA:Penerbit PLM Sumbang 20 Buku Terbitannya ke Disperpusip

Lomba Duta Baca diambil juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3.

Kategori Pelajar:

Juara 1 Ascharya Nareswari ( SMP N 1)
Juara 2 Anggun Aulia Widya ( SMP N 7)
Juara 3 Renata Alicia Kinanti M ( SMP SBTH)
Juara Harapan 1 Anselmus Evan Aditya ( SMP Tarakanita)
Juara Harapan 2 Saujana Thafiq G ( SMP N 2 )
Juara harapan 3 Rakha Farhan Zahy A ( SMP N 7)

Kategori Umum:

Juara 1 Alda Aulia Nadhila (Mahasiswa)
Juara 2 Mita Febriansa (Mahasiswa)
Juara 3 Giovannie Cinta ( SMA N 5)

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Kota Magelang Serahkan Ijazah Bagas dan Bagus Saat Pulang ke Magelang

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang, Nurwiyono mengatakan, Duta Baca nantinya mengajak masyarakat Kota Magelang untuk gemar membaca.

"Tindak lanjut dari kegiatan ini mereka yang tergabung dalam duta baca bertugas sebagai agen literasi bersama dengan Dinas Perpustakaan, Bunda Literasi dan Penggiat Literasi untuk kampanye Gerakan Budaya Baca baik di sekolah dan di masyarakat," terang Nurwiyono, saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Mei 2023.

Leny Adriana Mesah, Pustakawan Muda Disperpusip Kota Magelang menambahkan, duta baca sangatlah penting. Tugas mereka adalah mengkampanyekan gerakan gemar membaca.

"Duta baca tidak hanya di nasional saja tapi kita di daerah juga harus ada. Mereka ini juga dapat meningkatkan gerakan literasi," kata Leny. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres