Dua Inovasi Disdukcapil Tembus KIPP 2023

Dua Inovasi Disdukcapil Tembus KIPP 2023

PENYERAHAN. Disdukcapil Kota Magelang melalui program SI SAKTI memberikan layanan pengantaran akta kematian kepada masyarakat.-foto : IST/magelang ekspres. -MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Dua inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang masuk ke dalam penjaringan Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Inovasi yang lolos pada ajang bergengsi besutan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI tersebut bernama SI SAKTI dan SI TITAK.

Plt. Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Sri Mulatsih mengungkapkan, dua inovasi dari Disdukcapil mampu lolos pada tahap administasi.

“SI SAKTI dan SI TITAK memang lolos tahap administrasi, kemudian akan dilanjutkan dengan tahap paparan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat, 2 Juni 2023.

BACA JUGA:Sekolah 3 Bahasa Magelang yang Mengawal Perjalanan Biksu Thudong, Ini Profil Lengkapnya!

Lolosnya dua inovasi tersebut  juga membuat dinas yang berlokasi di Jalan Veteran No 7, Magelang Tengah, Kota Magelang itu bergabung dengan 1327 kelompok umum bersama dengan para instansi se-Indonesia.

Ucik sapaan akrab Sri Mulatsih menjelaskan, pihaknya akan melakukan paparan kepada tim KIPP secara daring.

“Selanjutnya kami akan melakukan presentasi dua inovasi tersebut sekaligus mendapat evaluasi, tetapi kami masih menunggu pemberitahuannya,” lanjutnya.

Ucik menerangkan, SI SAKTI merupakan inovasi pelayanan publik yang diberikan Disdukcapil kepada masyarakat Kota Magelang.

“Program ini berupaya untuk memudahkan penduduk dalam mengurus akta kematian, karena dengan terobosan ini Disdukcapil memberikan pelayanan pengantaran,” ungkapnya.

BACA JUGA:Cara Mahasiswa Untidar Maknai Hari Lahir Pancasila Melalui Puisi

Sedangkan untuk SI TITAK, program ini merupakan aksi tanggap Kartu Identitas Anak (KIA).

“SI TITAK ini berkolaborasi dengan para RW jadi masyarakat yang membutuhkan KIA tidak perlu berbelit-belit cukup menggunakan layanan ini dengan sederhana, mudah, dan efisien,” jabarnya.

Ucik berharap dengan adanya beragam program unggulan yang memprioritasnya kebutuhan masyarakat, pihak dapat memberikan pelayanan administrasi dan kependudukan (adminduk) secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres