Puncak PMM, UNIMMA Buka Pagelaran Budaya Nusantara

Puncak PMM, UNIMMA Buka Pagelaran Budaya Nusantara

Puncak PMM, UNIMMA Buka Pagelaran Budaya Nusantara--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pelepasan mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dimeriahkan sejumlah pertunjukan Pagelaran Budaya MBKM 2022.

Pagelaran Budaya dengan tema “Dari Nusantara, Untuk Semesta” itu berlangsung di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Kamis 12 Januri 2023. Banyak perpaduan budaya yang digelar seperti drama, tarian, dan musik.

Adapun penampil terdiri dari mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 Inbound dan Outbound UNIMMA, mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3.

Septiyati Wulandari, PIC MBKM UNIMMA mengatakan UNIMMA sebagai perguruan tinggi tujuan, pada kesempatan PMM 2 telah diamanahi oleh Kemdikbud sejumlah 38 mahasiswa dari lima pulau luar Jawa yaitu Kalimantan, Flores, Lombok, Sulawesi dan Sumatera.

"Dari kelima pulau tersebut terdapat 19 universitas asal sebagai perguruan tinggi pengirim. Ke-38 mahasiswa inbound ini telah datang bergabung dengan UNIMMA sejak bulan September 2022 mengikuti berbagai program modul nusantara dan juga kegiatan perkuliahan,” ujarnya.

BACA JUGA:Urai Persoalan Sampah di Dusun Setan, Mahasiswa UNIMMA Budidaya Maggot dengan Memanfaatkan Limbah Organik

Dijelaskan pula, 30 mahasiswa outbond UNIMMA telah tersebar pada 16 universitas di luar pulau Jawa.

"Selamat datang kembali mahasiswa UNIMMA, tularkan segala proses kehidupanmu di sana dan berikan semangat kepada teman-teman lainnya untuk mengikuti program PMM Angkatan 3. Jadilah sosok mahasiswa Tangguh, pembelajar dan empati terhadap sesame,” tutr Septi.

Sementara itu, mewakili Kepala PMM 2, Rajib Khafif Arruzzi. selaku Manajer Operasional PMM 2 mengingatkan kembali kepada mahasiswa pesan dari Mendikbud agar mahasiswa PMM dapat menjaga keberagaman, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Menteri mengamanahkan kepada mahasiswa PMM untuk menjaga keberagaman agar persatuan dan kesatuan utuh kedepannya. Terutama untuk mahasiswa yang kedepannya menjadi pemimpin atau berbagai macam kepala di suatu instansi atau level lebih tinggi," ujarnya.

Pagelaran budaya dihadiri pula oleh Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz.

Di akhir acara, Rektor UNIMMA, Dr Lilik Andriyani SE MSi secara resmi melepas mahasiswa kembali ke institusi asal dan menerima Kembali mahasiswa UNIMMA yang telah selesei melaksanakan tugas belajarnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres