Terima Penghargaan Paramesti, Wonosobo Siap Perluas KTR

 Terima Penghargaan Paramesti, Wonosobo Siap Perluas KTR

PENGHARGAAN. Pemkab Wonosobo diwakili oleh Wabup Muhammad Albar menerima Penghargaan Paramesti dari Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (8/6) lalu. -Istimewa-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dukung program Kawasan tanpa Rokok (KTR), Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) anugerahkan Penghargaan Paramesti di Auditorium Siwabessy Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Kategori Paramesti merupakan penghargaan kepada daerah yang telah menetapkan KTR dalam bentuk peraturan kepala daerah.

"Alhamdulillah kita sudah memiliki Peraturan Bupati (Perbup) Wonosobo nomor 64 tahun 2022 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Wonosobo. Tidak hanya berhenti sebagai perbup, kita akan berupaya implementasikan bertahap nantinya," kata Wakil Bupati, Muhammad Albar saat dihubungi Wonosobo Ekspres, Jumat (9/6/2023).

BACA JUGA:TMMD Sengkuyung di Wonosobo Ada 16 Program Terlaksana

Wonosobo masuk ke dalam nominasi kategori Paramesti bersama 8 kabupaten lainnya di Indonesia. Di antaranya Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera.

Kemudian Kabupaten Mimika Papua, Kabupaten Nias Utara Sumatera Utara, Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Kabupaten Labuhan Batu Utara Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

"Sementara yang sudah menerapkan KTR masih di sektor layanan kesehatan dan sektor pendidikan. Untuk tempat lainnya seperti kawasan peribadatan, angkutan umum, tempat anak bermain, tempat kerja, dan lain-lain seperti yang tertera dalam pasal 2 Perbup nomor 64 (2022), seiring berjalannya waktu pasti kita upayakan untuk diterapkan. Bertahap, mulai dari sosialisasi dan seterusnya agar masyarakat paham bahaya rokok," papar Albar.

Penghargaan secara langsung diberikan oleh Wakil Menkes (Wamenkes) RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD.

Pihaknya berpesan, agar penghargaan yang telah dianugerahkan akan menjadi pemacu konsistensi setiap pimpinan daerah.

BACA JUGA:Tinjau Kakus Helikopter, Bupati Wonosobo: Segera Bongkar!

"Kita harus bisa memberikan pemahaman akan bahayanya rokok kepada masyarakat. Penghargaan ini harus jadi pemacu semangat setiap pimpinan daerah. KTR harus bisa diperlebar ke banyak titik," pesannya.

Penganugerahan digelar dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023. Kemenkes RI mengusung tema "We need food, not tobacco", senada dengan yang ditandaskan oleh Dante Saksono.

"Tema ini adalah untuk menyadarkan kita, bahwa makanan jauh lebih dibutuhkan oleh masyarakat dari pada tembakau," tutupnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres