Gembleng Reformasi Birokrasi DPMPTSP Buktikan Diri Lewat APIK Melayani

Gembleng Reformasi Birokrasi DPMPTSP Buktikan Diri Lewat APIK Melayani

Slogan DPMPTSP, APIK Melayani-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Masyarakat terkadang memiliki kesan yang kurang baik apabila berurusan dengan kantor pemerintah. 

Representasi tersebut seolah-olah menjadikan birokrasi pemerintah yang sederhana menjadi rumit, kurang ramah, bahkan berbelit-belit. 

Guna menciptakan pelayanan publik yang utuh dan optimal, Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang meluncurkan terobosan reformasi birokrasi bernama APIK Melayani. 

BACA JUGA:Dinsos Magelang Dukung Kemudahan Layanan BPJS Kesehatan Menggunakan KTP

Strategi itu digunakan untuk meningkatkan kualitas budaya kerja di lingkungan kerja sehingga mampu menciptakan performa tata kelola pemerintahan yang komprehensif. 

Kepala DPMPTSP Kota Magelang, Khudoifah mengatakan, pelayanan publik merupakan ujung tombak interaksi antara masyarakat dan pemerintah. 

Untuk itu, diperlukan pengarustamaan pelayanan yang cepat, tepat, prima dan professional untuk membantu kebutuhan masyarakat. 

“Hal inilah yang harus ditanamkan kepada setiap pegawai yang ada di lingkungan DPMPTSP, sehingga dengan budaya kerja yang APIK Melayani mampu meningkatkan kualitas serta kepuasaan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya kepada wartawan Rabu, 21 Juni 2023. 

BACA JUGA:Melihat Kemeriahan Gelar Karya Siswa SMA Negeri 5 Magelang

Salah satu Inisiator APIK Melayani yang juga bertugas sebagai Analis Kebijakan DPMPTSP Kota Magelang, Amalia Ila Diastri mengungkapkan, penggunaan slogan itu adalah  cara untuk menekankan nilai-nilai utama (core values) pelayanan publik kepada pegawai DPMPTSP Kota Magelang. 

Hal ini akan menjadi kunci dasar para pegawai dalam melaksanakan wewenang, tugas pokok dan fungsi. 

“Latar belakangnya karena adanya kesadaran bahwa keberhasilan organisai berakar dari nilai dasar perilaku yang menjadi kebiasaan pegawai,” imbuhnya. 

Slogan APIK Melayani sendiri memiliki dua makna, unsur APIK dalam bahasa jawa berarti baik. Ini berarti DPMPTSP Kota Magelang menjamin kualitas pelayanan yang diberikan secara baik. 

BACA JUGA:KEREN! Seniman Magelang Suarakan Rasa Sakit Pandemi Lewat Karya Seni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres