Kasat Kamling Miliki Peran Sentral Jaga Kamtibmas

Kasat Kamling Miliki Peran Sentral Jaga Kamtibmas

PENYERAHAN. Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda E Sebayang memberikan penghargaan kepada juara lomba pos kamling di Kota Magelang, Rabu, 21 Juni 2023.-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Apel Kasat Kamling tahun 2023 digelar Polres Magelang Kota di Alun-Alun Kota Magelang, Rabu, 21 Juni 2023.

Kasat Kamling memiliki peran menjaga situasi dan kondusivitas Kamtibmas di Kota Magelang.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda E Sebayang mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh awak Satkamling yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasat Kamling ini.

“Apel hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling, sehingga dapat mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas secara swakarsa,” imbuhnya.

BACA JUGA:Gembleng Reformasi Birokrasi DPMPTSP Buktikan Diri Lewat APIK Melayani

Lebih lanjut, AKBP Yolanda, menambahkan Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

Menurutnya, Satkamling saat ini memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu Serentak tahun 2024.

Ia berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.

“Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tegasnya.

Guna meningkatkan kemampuan, para awak Satkamling telah dibekali pelatihan antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga (problem solving), serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

BACA JUGA:Gembleng Reformasi Birokrasi DPMPTSP Buktikan Diri Lewat APIK Melayani

“Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Apel dihadiri Forkopimda Kota Magelang, pejabat utama Polres Magelang Kota, para Lurah se-Kota Magelang, petugas Satkamling dan Bhabinkamtibmas se-Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres