Temanggung Fest, Gerbang bagi UMKM Tembus Pasar Luar Daerah

Temanggung Fest, Gerbang bagi UMKM Tembus Pasar Luar Daerah

UMKM. Salah satu UMKM di Temanggung yang membuka stand di Temanggung fest di halaman gedung pemuda.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Temanggung Fest 2023 diharapkan menjadi pintu gerbang UMKM melebarkan sayap, sehingga produk-produk UMKM dari Kota Tembakau ini bisa menembus pasar di luar daerah.

"Temanggung fest ini rutin digelar setiap tahunnya, tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UMKM Temanggung," kata Bupati Temanggung M Al Khadziq usai membuka Temanggung Fest, Rabu, 5 Juli 2023.

Ia mengatakan, berbagai produk yang dihasilkan oleh UMKM di Temanggung, mulai dari kopi, kerajinan tangan, makanan ringan souvenir dan berbagai macam produk lainya bisa meningkat karena memiliki peluang pasar yang terbuka.

Menurutnya, Temanggung Fest ini hanya salah satu agenda kegiatan untuk meningkatkan penjualan UMKM di Temanggung. Masih ada agenda kegiatan lainnya yang bertujuan sama dan rutin dilakukan di setiap bulan dan tahunnya.

BACA JUGA:Ternyata di Sekolah-Sekolah di Temanggung Sudah Ada Satgas Bullying, Simak Apa Saja Tugasnya

"Jadi pemkab Temanggung menjadikan Temanggung Fest ini sebagai salah satu wahana untuk memasarkan produk-produk unggulan UMKM Temanggung, semoga dengan adanya pameran ini, produk unggulan Temanggung bisa semakin meningkat dan semakin diterima oleh pasar," harapnya.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat ikut bersama memajukan UMKM di seluruh Kabupaten Temanggung, pengembangan UMKM yang baik memberikan ruang bagi para pelaku usaha agar bisa berpameran dalam sebuah kegiatan usaha.

"Ini sangat penting, karena pameran menjadi pengadilan tertinggi bagi semua sektor usaha," katanya.

Bupati mengatakan, setiap hasil usaha dari para pengusaha, maupun pelaku UMKM, layak atau tidaknya dijual di pasaran dengan dampak agar saling belajar. Barang yang dijual mempunyai kekurangan atau nilai jual, sehingga jika layak bisa menjadikan inovasi baru dalam strategi pemasarannya, dan bisa meningkatkan produktivitas barang tersebut.

BACA JUGA:Benih Lokal Bawang Putih Unggulan Itu Diberi Nama 'Geol Temanggung Agrihorti' atau GTA

"Semakin banyak event pameran akan semakin banyak kita belajar. Berarti produk kita pasti akan semakin meningkat. Oleh karena itu, kerja keras teman-teman itu tidak sia-sia, para pelaku usaha akan belajar. Jadi ini sudah menciptakan rumah untuk kemajuan bagi semua sektor usaha agar terus berkembang selain pameran ini menjadi ajang pengadilan dan pembelajaran," tandas Bupati.

Ketua BPC HIPMI Temanggung Noer Akhsan menambahkan, peserta dari Temanggung Fest ini mayoritas adalah pelaku UMKM, bahkan pihaknya memang memprioritaskan UMKM dalam kegiatan tahunan ini.

"Kurang lebih ada 150 stand, 50 persen lebih dari jumlah itu adalah pelaku UMKM asli Temanggung, kami memang memprioritaskan UMKM terlebih dahulu," katanya.

Menurutnya, Temanggung Fest ini didukung oleh Pemkab Temanggung. Selain memfasilitasi pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya, kegiatan ini juga untuk menarik para investor dari luar daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres