WIH KEREN! Pemutakhiran Data Tapera Kota Magelang Terbaik Kedua Nasional

WIH KEREN! Pemutakhiran Data Tapera Kota Magelang Terbaik Kedua Nasional

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz saat meninjau lokasi pembangunan RTLH di salah satu wilayah Kota Magelang, belum lama ini-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemutakhiran Data Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Kota Magelang menduduki peringkat kedua terbaik secara nasional tahun 2023.

Atas prestasi itu, Kota Magelang mendapatkan apresiasi dari Debuti Komisioner Bidang Pengerahan Dana Badan Pengelola (BP) Tapera Eko Ariantoro di sela Sosialisasi Kepemilikan Rumah BP Tapera di Pendopo Pengabdian, Jumat 14 Juli 2023.

"Kami sangat mengapresiasi atas capaian Kota Magelang atas updating (Pemutakhiran) data Tapera terbaik kedua nasional. Tujuanya, semakin data akurat ama semakin mudah pula kami memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait kepemilikan rumah," kata Eko.

Eko mengungkapkan bahwa saat ini, masih banyak warga Indonesia (WNI) yang belum mempunyai rumah termasuk para Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK).

Bahkan, angka backlok (warga tidak memiliki rumah) di Indonesia mencapai 12,7 juta.

BACA JUGA:Revitalisasi Dimulai, Terminal Tipe A Tidar Magelang Bakal Dilengkapi Ruang Bagi UMKM

Di satu sisi, untuk menyelesaikan masalah ini, dana pemerintah masih sangat kurang. Oleh karena itu, program Tapera yang dikelola oleh BP Tapera bertujugan untuk menghimpun dana kemudian disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan rumah.

Dia menjelaskan, di Kota Magelang PNS yang sudah pensiun sebagaian danya pensiun akan disalurkan kepada PNS yang belum mempunyai rumah.

Selain program pembiayaan, TP Tapera juga memiliki program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang masih didanai APBN.

Program ini diperuntukkan CPNS, Honorer, Pekerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) di lingkungan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Jajaran Polres Magelang Kota Bersihkan Sampah di Gunung Tidar dan Sungai Kalibening

Eko mengimbau kepada PNS Pemkot Magelang yang tidak lama lagi akan memasuki purna tugas untuk memutakhirkan data terutama data nomor rekening agar BP Tapera segera mengembalikan dana.

"Jadi begitu ada data NIP, NIK, nomor rekening akurat langsung kami transfer. Per individu kami ada data, dana PNS yang sudah dihimpun melalui pemotongan gaji (selama bekerja)," terangnya.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengaku baru mendengar fakta jika ternyata ada dana Tapera yang belum dikembalikan ke PNS purna tugas. Di sisi lain, ada ASN Kota Magelang yang juga belum memiliki rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres