Hadirkan Mitra Dunia Usaha, Polbangtan Kementan Gelar Job Fair

Hadirkan Mitra Dunia Usaha, Polbangtan Kementan Gelar Job Fair

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) menggelar Job Fair--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kementerian Pertanian terus mendorong lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) menjadi pengungkit kemajuan pertanian Indonesia. Pasalnya, selama pendidikan mereka ditempa menjadi tenaga siap kerja.

Untuk menyalurkan tenaga pertanian siap kerja ini, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) menggelar Job Fair. Diikuti 69 peserta yang terdiri dari mahasiswa tingkat akhir, alumni, dan umum, Polbangtan YOMA menghadirkan PT Mustika Jaya Lestari. 

Kementerian Pertanian meyakini lulusannya mampu bersaing. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimis selain mereka mempunyai keunggulan akademis, lulusannya juga memiliki ciri milenial yang lincah, militan, mampu bergaul, dan adatif terhadap kemajuan teknologi.

“Mereka berakselerasi jauh lebih kuat dibandingkan dengan petani lama, jangkauan mereka tentu akan lebih luas, mempunyai network yang lebih terbuka dan penguasaan digital system, baik dalam budidaya, pasca panen, maupun dalam membuat market”, papar Mentan Syahrul.

Sejalan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi menyebutkan lulusan Polbangtan dan PEPI memiliki daya juang yang tinggi sebagai tenaga siap kerja.

“Qulified job seeker artinya lulusan Polbangtan dan PEPI harus siap untuk ditempatkan di seluruh lini Pembangunan Indonesia mulai dari hulu hingga hilir”, ujar Dedi.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kemitraan ayam broiler, PT Mustika Jaya Lestari berupaya menjaring kandidat terbaik yang akan menempati posisi technical support dan admin. 

Perusahaanyang berbasis di Semarang ini memandang Polbangtan sebagai salah satu pencetak qualified job seeker yang bisa berkontribusi signifkan pada perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Bambang Sudarmanto menyambut baik kedatangan PT Mustika Jaya Lestari.

“Peluang di sektor perunggasan sangat menjanjikan. Raih kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan ini dengan semangat dan sungguh – sungguh.” ajak Bambang.

Setelah mengikuti seleksi awal, peserta yang terpilih akan mengikuti psikotes. Aulia Renisa, salah satu mahasiswa yang ikut dalam seleksi mengatakan beruntung dapat mengikuti Job Fair yang diadakan di Kampus Magelang. 

“Dengan kegiatan seperti ini, kami mendapatkan peluang lebih untuk dapat bersaing di perusahaan ternama ini.” jelas mahasiswa Teknologi Produksi Ternak tingkat IV ini.

Ditemui dalam wawancara terpisah (31/7), Aulia menyebutkan Ia optimis dapat bekerja di perusahaan peternakan. Karena sebelumnya Ia telah mendapatkan banyak kesempatan untuk terjun di lapangan, melalui praktik kerja lapangan, magang, dan program lain yang digelar oleh Polbangtan YOMA.(Osi YoMa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: polbangtan yoma