10 Cara Menulis Curriculum Vitae Agar Memperoleh Pekerjaan yang Diinginkan

10 Cara Menulis Curriculum Vitae Agar Memperoleh Pekerjaan yang Diinginkan

Menulis CV menjadi bagian krusial agar kita bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan-Juststock -Getty Images

MAGELANG EKSPRES -- Curriculum vitae atau biasa di sebut CV adalah komponen pendukung yang pasti ada buat teman-teman pencari kerja. Apalagi kalau kamu masuk dalam kriteria fresh graduate.

Pada dasarnya CV biasanya berisi dokumen informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan bio profil singkat kamu.

CV adalah salah satu dokumen penting yang harus kamu miliki saat melamar pekerjaan. CV yang baik akan membantu kamu untuk mendapatkan perhatian dari perekrut dan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Nah berikut adalah 10 cara efektif menulis CV yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan:

1. Pilih Format yang Tepat

Pilih format CV yang sesuai dengan pengalaman dan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Format kronologis adalah yang paling umum, kemudian mengikuti urutan waktu dari pekerjaan terbaru hingga yang terlama. Selanjutnya format fungsional menyoroti keterampilan dan pencapaian Anda, sedangkan format kombinasi menggabungkan elemen-elemen dari kedua format tersebut.

2. Buat Ringkasan Profesional

Buat  CV kamu dengan ringkasan profesional singkat tentang siapa kamu dan tidak jangan gunakan kalimat yang terkesan bertele-tele.

Nah keahlian apa yang kamu miliki, dan apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Ini adalah kesempatan untuk menarik perhatian pemberi kerja secara langsung, jadi gunakan bahasa penjelasan yang jelas.

BACA JUGA:Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

3. Perhatikan Tata Bahasa dan Ejaan

Pastikan CV kamu bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Karena kesalahan kecil terkadang dapat memberikan kesan kurang profesional kemudian menjadi perhatian biasanya.

Periksa dan edit CV kamu dengan cermat sebelum mengirimkannya.

4. Sesuaikan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: