Belasan Pasutri Bertarung dalam Pilkades Serentak di Purworejo

Belasan Pasutri Bertarung dalam Pilkades Serentak di Purworejo

PASUTRI PILKADES. Sepasang suami istri bertarung dalam Pilkades di Langenrejo Kecamatan Butuh Purworejo.-EKO SUTOPO-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANG EKSPRES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Purworejo Tahun 2023 berlangsung di 88 desa yang tersebar di 15 kecamatan, Rabu (6/9). Dari 88 desa tersebut, sebanyak 48 desa di antaranya diikuti calon Kades petahana di desanya.

Selain itu, ada belasan pasangan suami istri (Pasutri) yang akan bertarung memperebutkan jabatan kades di desa masing-masing.

Salah satu Pasutri itu adalah Juminatun (52) dan Subandi (60). Mereka bertarung memperebutkan jabatan Kades Langenrejo Kecamatan Butuh. Juminatun adalah kades petahana, sedangkan suaminya pensiunan TNI AD.

BACA JUGA:IPL Bendungan Bener Purworejo Kembali Diperpanjang

Juminatun mengaku harus melawan suaminya karena harus memenuhi syarat tidak boleh kotak kosong dan harus ada dampingannya.

“Ya akhirnya sama suami karena memang warga lain tidak ada yang daftar," kata Juminatun.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten (DPPPAPMD) Kabupaten Purworejo, ke-88 desa itu berada di Kecamatan Purworejo (2), Bayan (2), Bruno (2), Bener (2), Loano (4), Kutoarjo (5), Gebang (5), Kaligesing (6), Banyuurip (8), Purwodadi (8), Pituruh (8), Grabag (9), Butuh (9), Ngombol (9), dan Kemiri (9). Satu-satunya kecamatan yang tidak menggelar Pilkades serentak adalah Bagelen.

Data itu menyebutkan, ada sebanyak 210 calon Kades yang bertarung dalam Pilkades Serentak kali ini. Desa yang kepala desanya maju lagi adalah Bakurejo, Rowodadi, Aglik, Kedungkamal, Tlepok Wetan, Tlepok Kulon, Tepus Wetan, Karangrejo, Langenrejo, Lubangindangan, Semawung, Sambeng, Tanjungrejo, Desa Tlogoguwo, Pandanrejo, Tlogobulu, Sudorogo, Jelok, Triwarno, Bencorejo, Cengkawakrejo, Malangrejo,  Sokowetan. Kemudian Desa  Tlogorejo, Jenarkidul, Purwodadi, Banjarsari, Jogoresan, Rasukan, Kaliwungu, Girirejo, Wero, Wonoroto, Karangtalun, Turus, Jatiwangsan, Brondong, Tapen, Pituruh, Tasikmadu, Kalikotes, Sukowuwuh, Rimun, dan Sidoleren.

BACA JUGA:Festival Jolenan Purworejo Pikat Perhatian Ribuan Warga

Selain sebagai kepala desa, calon kepala desa lainnya berprofesi sebagai perangkat desa (15), pensiunan (13), ibu rumah tangga (11), PNS (10), TNI (2), Polri (1), dan pekerjaan lain (110).

Pelaksanaan Pilkades secara keseluruhan turut dimonitor oleh Polosoro (Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Purworejo). Pemungutan suara dilakukan di TPS yang sudah disiapkan pada pukul 07.30 – 14.00 WIB untuk selanjutnya diadakan penghitungan suara. Calon terpilih, sesuai jadwal, akan dilantik pada 11 Desember 2023.

Berdasarkan hasil pantauan Polosoro, hingga sekitar pukul 14.30 WIB, Pilkades di berbagai desa berjalan kondusif. Belum ada laporan menonjol yang diterima.

“Aman, Mas,” kata salah satu Pengurus Polosoro, Dwinanto. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres