Wisnus Telaga Menjer Wonosobo Melejit, Capai 500 Persen

Wisnus Telaga Menjer Wonosobo Melejit, Capai 500 Persen

DISPARBUD. Kabid Pemasaran Disparbud, Fatonah Ismangil saat diwawancara di suatu acara di Wonosobo. -mukarom mohammad/wonosobo ekspres-

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES - Terhitung semenjak liburan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 sampai September ini, volume wisatawan nusantara (Wisnus) Telaga Menjer WONOSOBO terpantau tinggi.

Bahkan persentasenya melejit hingga mencapai 500 persen hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Dalam draft buku pariwisata tahun 2022, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah (Disporapar Jateng) melaporkan, persentase kunjungan wisata Telaga Menjer Wonosobo hanya berada di angka 61,2 persen di sepanjang tahunnya.

BACA JUGA:Bantuan Beras di Wonosobo Segera Didistribusikan, Sasar 15 Kecamatan

Persentase tahun lalu itu merupakan perhitungan kalkulasi wisnus sebanyak 16.991 orang yang telah mengunjungi wisata Telaga Menjer, Maron Garung, Kabupaten Wonosobo.

"Sejak lebaran kemarin memang pengunjung di Telaga Menjer meningkat sekitar 500-an persen," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Agus Wibowo ketika berikan sambutan pada acara Pelatihan Pemandu Balawista di Wonosobo, Senin (18/9).

Sebelumnya, total pengunjung wisata sejak dua hari pasca lebaran beberapa bulan lalu, setidaknya pihak pariwisata telah berhasil menjual sekitar 800 - 1000 tiket masuk wisata perharinya.

Menurut perkiraan akumulasi selama kurang-lebih 150 hari semenjak Hari Raya Idul Fitri sampai Senin (18/9) kemarin, prediksinya ada sekitar 100 ribu wisnus telah berlibur di wisata Telaga Menjer, sehingga persentasenya mampu menyentuh angka 500-an persen.

"Kita selalu berupaya agar Menjer ini terus menjadi perhatian kami. Apalagi Telaga Menjer adalah spot destinasi yang kami bidik menjadi salah satu bagian dari wacana (5 Dieng Baru Wonosobo) kabupaten," terangnya.

BACA JUGA:Penjambret di Wonosobo Hampir Diamuk Massa, Diduga Terpengaruh Alkohol

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud, Fatonah Ismangil mengungkapkan, data persentase total kunjungan wisata Telaga Menjer tahun ini merupakan capaian tertinggi dari yang pernah dialami sebelumnya.

"Pertama kali angka 500 persen kunjungan wisata Telaga Menjer naik sebegitu melesatnya," katanya saat ditemui wawancara.

Fatonah mengatakan, melambungnya volume wisnus di Telaga Menjer sejauh ini terpantau berhasil melampaui persentase kunjungan wisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng Wonosobo.

"Jumlah persentase kunjungan tahun ini tinggi di Menjer walaupun secara kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih unggul Dieng," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres