Anti Lepek! Ini 3 Step Basic Hair Care Untuk Rambut yang Lebih Sehat

Anti Lepek! Ini 3 Step Basic Hair Care Untuk Rambut yang Lebih Sehat

Anti Lepek! Ini 3 Step Basic Hair Care Untuk Rambut yang Lebih Sehat-prostock-studio-canva

MAGELANGEKSPRES Layaknya bagian tubuh lainnya yang perlu perawatan, kesehatan rambut juga perlu diperhatikan. Ini dia 4 step membuat rambutmu tampak lebih sehat dan anti lepek seharian.

Bagaimana urutan hair care yang benar?

Tahapan hair care routine bisa saja berbeda pada tiap orangnya. Hal ini normal mengingat jenis dan masalah rambut setiap orang bisa mengubah urutan perawatan rambut dalam beberapa hal. 

Namun, ada basic hair care routine yang bisa bermanfaat bagi hampir semua orang, tanpa mengkhususkan pada jenis atau masalah rambut tertentu. 

Berikut ini beberapa urutan basic hair care yang perlu kamu ketahui:

BACA JUGA:8 Tips Merawat Rambut Dicat agar Tetap Sehat dan Tidak Mudah Luntur

1. Mencuci Rambut

Layanya skincare wajah, langkah pertama perawatan rambut adalah membersihkannya dari kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. 

Namun berbeda dengan wajah yang perlu dicuci setiap hari, sebenarnya kita disarankan untuk tidak cuci rambut setiap hari, karena bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering.

Hal ini malah akan menimbulkan permasalahan ketombe serta rambut kusam dan kusut.

Umumnya, cuci rambut dengan shampoo dianjurkan untuk dilakukan 2-3 kali seminggu. Tapi, untuk kamu dengan tipe rambut dan kulit kepalanya lebih cepat berminyak bisa melakukannya lebih sering.  

Tips untuk menentukan jadwal cuci rambut yakni perhatikan saat akar-akar rambut dekat kulit kepala sudah terasa sangat berminyak dan kotor ketika disentuh, tandanya kamu udah harus cuci rambut.

Saat cuci rambut, pijat kulit kepala pelan-pelan selama 1-2 menit menggunakan jari, bukan ujung kuku.

Setelah itu, bilas dengan air dingin atau air hangat. Hindari cuci rambut dengan air panas karena air panas bisa menghilangkan kelembapan dan kilau alami di rambutmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: