7 Mitos Gunung Merapi Paling Populer, Nomor 4 Ada Lokasi Jual Beli Makhluk Gaib

7 Mitos Gunung Merapi Paling Populer, Nomor 4 Ada Lokasi Jual Beli Makhluk Gaib

7 Mitos Gunung Merapi Paling Populer, Nomor 4 Ada Lokasi Jual Beli Makhluk Gaib--

MAGELANGEKSPRES -- Gunung Merapi begitu populer mengandung mitos-mitos dan legenda di dalamnya oleh masyarakat setempat. Bahkan, ada salah satu mitos yang hingga kini dipercaya benar adanya, yakni tentang eksistensinya pasar sebagai transaksi jual beli makhluk gaib.

Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010 telah meninggalkan kisah yang sangat menyedihkan. Peristiwa yang terjadi 13 tahun yang lalu ini telah menyebabkan kematian ratusan orang, termasuk salah satunya adalah Mbah Marijan, yang merupakan Juru Kunci Gunung Merapi.

Gunung Merapi, yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, merupakan salah satu tujuan pendakian yang sangat disukai oleh para pecinta alam.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut dan ternyata juga memiliki berbagai mitos yang tersebar di kalangan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Mitos Gunung Slamet, Nomor 7 Ramalan Jayabaya Pulau Jawa Bakal Terbelah

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa mitos paling populer di Gunung Merapi :

1. Merapi Meletus Adalah Wujud Kemarahan

Dalam catatan sejarah, Gunung Merapi dahulu dikenal dengan nama Jamurdipa. Pada saat itu, Jamurdipa terletak di Laut Selatan Jawa.

Pada suatu waktu, para Dewa berupa agar Jamurdipa dipindahkan ke tengah. Hal ini supaya Jamurdipa bisa sebagai penyeimbang.

Akan tetapi, kala itu penjaga Jamurdipa yang masih saudara perajin keris itu belum menyelesaikan pekerjaannya. Lantas dia meminta waktu tambahan kepada Dewa.

Sayangnya, Dewa menolak permintaan tersebut. Kedua penjaga yang tersulut emosinya mengancam akan menyebabkan bencana abadi di Gunung Merapi, salah satunya berupa magma yang terus memanas hingga saat ini.

Selain itu, erupsi Gunung Merapi juga dipercaya sebagai tuntutan kesetiaan dan pengorbanan seorang penguasa kepada rakyatnya. Rakyat harus rela mengorbankan nyawa mereka, seperti yang dilakukan oleh almarhum Mbah Marijan.

BACA JUGA:Mitos Mata Air Candi Selogriyo yang Bisa Bikin Wajah Selalu Awet Muda

2. Keraton di Gunung Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: