Studi Jurnalistik, Polres dan PWI Wonosobo Jalin Sinergi

Studi Jurnalistik, Polres dan PWI Wonosobo Jalin Sinergi

PEMBUKAAN. Sambutan pembukaan pelatihan jurnalistik oleh Kapolres AKBP Eko Novan (kiri) bersama pengurus PWI Wonosobo, Muharno Zarka (kanan), Jumat (6/10). Foto: Humas Polres--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 92 anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Wonosobo mengikuti pelatihan Jurnalistik, Jumat (6/10/2023) dengan menggandeng PWI Kabupaten Wonosobo.

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan menyampaikan kegiatan Pelatihan jurnalistik kali ini mengambil tema "Membangun Narasi untuk Pemilu".

BACA JUGA:Di Magelang Ada 150 Janda Baru Per Bulan, Penyebab Perceraian karena Alasan Ekonomi

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan percaya diri bagi Bhabinkamtibmas Polres Wonosobo. Tentunya juga untuk meningkatkan kompetensi kita," kata AKBP Eko Novan dalam sambutanya.

Kapolres mengatakan, dengan menggandeng pihak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Wonosobo maka kapabilitas kepolisian dalam memilah berita dapat ditingkatkan.

Pasalnya, arus informasi yang semakin pesat di era ini, menurut AKBP Eko Novan cukup rawan terjadinya misinformasi hingga mengakibatkan kegaduhan di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Eksotisnya Pantai Menganti, Pantai Pasir Putih di Selatan Jawa yang Bisa Bikin Kamu Langsung Move On

"Kalau kita tidak tahu, hal yang terjadi adalah pesan tidak sampai tujuannya. Justru yang terjadi malah viral yang negatif karena ketidaktahuan kita. Inilah pentingnya bagaimana memilah berita," jelasnya.

Kapolres Wonosobo menambahkan, kegiatannya itu merupakan bentuk peningkatan kompetensi Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Melalui kegiatan itu AKBP Eko Novan berharap agar Bhabinkamtibmas di seluruh Wonosobo dapat melakukan perannya sebagai pelaku persuasi, salah satunya dengan tulisan guna menggugah kesadaran masyarakat.

BACA JUGA:HORE! Wonosobo Terima Insentif Rp13 Miliar Goalkan Penurunan Stunting

"Tumbuh tidaknya kepercayaan masyarakat itu tergantung di Bhabinkamtibmas. Beliau yang langsung berhubungan dengan masyarakat," tandasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres