Telaga Menjer, Tempat Wisata Andalan yang Menawarkan Pengalaman Seru

Telaga Menjer, Tempat Wisata Andalan yang Menawarkan Pengalaman Seru

Telaga Menjer, Tempat Wisata Andalan yang Menawarkan Pengalaman Seru-Indah Cahyasari-Magelang Ekspres

MAGELANGEKSPRES -- Selain Dieng ternyata Wonosobo memiliki tempat wisata alam lain yang tak kalah indah yakni telaga menjer.

Telaga Menjer menjadi telaga terluas di kawasan Dieng, terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini memiliki luas sekitar 70 Ha dan kedalaman sekitar 50-60 meter.

Telaga ini berada pada ketinggian sekitar 1300 Mdpl, tepatnya di bawah Gunung Sikudi. Lokasinya yang berada di bawah gunung, memberikan keuntungan tersendiri bagi Telaga Menjer karena airnya selalu melimpah.

Selain digunakan untuk kepentingan wisata, pemancingan, dan pengairan, Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sejak tahun 1982 hingga sekarang. 

BACA JUGA:Selain Borobudur, Ini Tempat Wisata Religi Magelang yang Menarik untuk Dikunjungi

Asal-usul Telaga Menjer


View telaga menjer -Indah Cahyasari-Magelang Ekspres

Telaga Menjer terbentuk dari letusan vulkanik yang mengguncang wonosobo bertahun-tahun lalu. Cekungan yang terbentuk akibat letusan tersebut begitu luas dan dalam. Lama - kelamaan cekungan tersebut terisi oleh air hujan dan mata air.

Tak hanya menjadi tempat wisata yang menarik, Telaga Menjer juga memiliki peran penting sebagai pembangkit listrik tenaga air. Namun, jangan khawatir, keberadaan pembangkit listrik tersebut tidak merusak keindahan alam yang ada.

Malah sebaliknya, Telaga Menjer semakin memesona dengan adanya floating garden yang bisa digunakan untuk ber-selfie di tengah-tengah telaga.

Bayangkan betapa menakjubkannya, Kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan telaga yang memukau dan Gunung yang menjulang tinggi.

BACA JUGA:Dibalik Pesona Telaga Menjer Wonosobo, Tersimpan Mitos Jadi Ritual Tempat Pesugihan

Rute Menuju Telaga Menjer

Untuk mencapai lokasi yang menakjubkan ini, Kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau motor. Jalannya agak menanjak dan berkelok-kelok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: