Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo Diluncurkan

Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo Diluncurkan

INKUBATOR BISNIS. Peluncuran sekaligus pengukuhan pengurus Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo berlangsung di Gedung PLUT Kabupaten Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Kabupaten Purworejo meluncurkan Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satu aspek utama peran inkubator bisnis yakni menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang diperlukan bagi pelaku UMKM.

Peluncuran sekaligus pengukuhan pengurus Inubator Bisnis Purworejo Mulyo dilakukan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, di Gedung PLUT Kabupaten Purworejo, Rabu (18/10).

BACA JUGA:Saksikan Deklarasi dan Pendaftaran ke KPU Lewat TV, Keluarga dan Relawan Ganjar Pranowo di Purworejo Lega

Dalam kesempatan itu juga dilakukan peluncuran buku Berkolaborasi untuk Sukses. Hadir antara lain Fungsional Pengembang Kewirausahaan Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah Rudi prasetyo SE, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Staf Ahli Bupati Pemerintahan Hukum dan Politik Triwahyuni Wulansari AP MAP, Kepala Dinas KUKMP Gatot Suprapto SH, Pimpinan Bank Jateng Cabang Purworejo Isnanto Subroto, dan Kepala OPD terkait.

Menurut bupati, UMKM merupakan bagian penting dari ekonomi global dan berperan sebagai penyokong utama pertumbuhan ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Karena itu, perkembangan UMKM menjadi perhatian utama pemerintah dan organisasi ekonomi internasional.

"Kita patut berbangga hati, inkubator bisnis inisiatif Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Saudari Rita Purnama SSTP MM ini menjadi pioner karena baru ada di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Purworejo," katanya.

Diungkapkan, upaya yang dilakukan untuk membentuk UMKM yang kuat dan berdaya saing, adalah dengan membangun inkubator bisnis sebanyak mungkin di berbagai tempat.

BACA JUGA:Gedung Perpustakaan Purworejo Bakal Dilengkapi Fasilitas Baru

"Inkubator bisnis mungkin merupakan istilah yang masih asing di telinga kita, karena memang ini merupakan sebuah terobosan/inovasi baru," ungkapnya.

Inkubator bisnis, lanjutnya, merupakan lembaga atau program yang dibentuk untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM.

"Aspek utama peran inkubator bisnis adalah menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang diperlukan bagi pemilik UMKM. Inkubator bisnis bukan sekedar tempat bagi UMKM untuk berkembang, tapi sebagai pusat sumberdaya dan dukungan yang komprehensif," tandasnya.

Sementara itu, Rita Purnama SSTP MM selaku inisiator Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo dan penulis buku Berkolaborasi untuk Sukses mengatakan tujuan utama untuk UMKM cepat naik kelas, berkembang dan mandiri. Hal itu diwujudkan dengan pendampingan legalitas usaha, peningkatan ketrampilan produk, kemasan, permodalan sampai pada pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres