Kenali Sakit Perut Sebelah Kiri dan Cara Mengatasi Nyeri dengan Mudah

Kenali Sakit Perut Sebelah Kiri dan Cara Mengatasi Nyeri dengan Mudah

Kenali Sakit Perut Sebelah Kiri dan Cara Mengatasi Nyeri dengan Mudah--

MAGELANGEKSPRES -- Perut sebelah kiri adalah tempat berkumpulnya organ-organ penting. Maka, jangan pernah sepelekan rasa sakit atau nyeri di perut sebelah kiri. Kenali rasa sakit di perut sebelah kiri dan cara mengatasi rasa nyerinya.

Di dalam tubuh manusia, perut sebelah kiri adalah tempat berkumpulnya organ-organ penting seperti ginjal kiri, pankreas, usus besar (kolon), limpa, sebagian kecil lambung, kelenjar adrenal, dan bagian kiri hati, serta ovarium sebelah kiri pada perempuan.

Gangguan kesehatan pada organ-organ tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri di perut sebelah kiri.

Meskipun biasanya sakit perut di sebelah kiri dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari, tapi kondisi ini tetap perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda penyakit serius.

BACA JUGA:Hati-hati! Tanpa Disadari 5 Hal Ini Bisa Membuat Kulitmu Rusak!

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit perut di sebelah kiri, seperti divertikulitis, radang usus besar, dan hernia.

Namun, ada juga kemungkinan bahwa kondisi ini disebabkan oleh masalah lain yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa gangguan kesehatan yang menjadi penyebab sakit atau rasa nyeri perut di sebelah kiri.

1. Divertikulitis

Sebagian besar kasus sakit perut sebelah kiri bawah disebabkan oleh divertikulitis, yang merupakan peradangan pada divertikula, yaitu kantong-kantong kecil yang terbentuk di usus besar.

BACA JUGA:7 Kandungan Skincare yang Sering Dipakai Beauty Influencer, Jangan Langsung Kepincut!

Beberapa gejala yang timbul akibat divertikulitis antara lain nyeri perut, demam, buang air besar berdarah, mual, dan muntah. Kondisi ini dapat disembuhkan tanpa perawatan medis dengan cara beristirahat dan memperbaiki pola makan.

2. Gastritis

Penyebab sakit perut di sebelah kiri berikutnya adalah gastritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: