MAN Kota Magelang Tuan Rumah Perayaan Hari Santri 2023

MAN Kota Magelang Tuan Rumah Perayaan Hari Santri 2023

MAN Kota Magelang Tuan Rumah Perayaan Hari Santri 2023--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di Kota Magelang diadakan di halaman MAN Kota Magelang belum lama ini.

Pembina apel tersebut adalah Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz turut dihadiri juga Wakil Walikota Magelang, KH M Mansyur, serta pengasuh dan santri pondok pesantren (ponpes) se-Kota Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, Aziz menyampaikan bahwa tema peringatan HSN tahun 2023 adalah "Jihad Santri, Jayakan Negeri".

Tema ini mengingatkan bahwa peringatan HSN tahun ini harus dirayakan dengan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan.

"Saat ini, telah memasuki era yang penuh tantangan dan kompleksitas. Selain itu, jihad tidak lagi hanya berarti pertempuran fisik, tetapi juga perjuangan intelektual yang penuh semangat," katanya.

BACA JUGA:Upacara HSN 2023: Bupati Magelang Hari Santri Milik Semua

Ia menjelaskan bahwa santri memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan.

Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak pernah lelah dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual dianggap sebagai cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan.

Para santri kini dipersepsikan sebagai teladan serta panutan dalam menjalankan jihad-jihad semacam itu.

BACA JUGA:Wali Band Meriahkan Hari Santri di Tegalrejo Magelang, Ribuan Warga dan Santri Padati Lapangan

Santri senantiasa menggunakan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan untuk memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan.

Dalam kesempatan tersebut, Aziz juga membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyampaikan bahwa peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

Selain memahami ajaran agama dengan baik, santri juga memiliki tanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres