Tidak Cuma Candi Borobudur, Magelang Ternyata Punya Destinasi Candi Umbul Wisata tak Kalah Keren, Wajib Coba!

Tidak Cuma Candi Borobudur, Magelang Ternyata Punya Destinasi Candi Umbul Wisata tak Kalah Keren, Wajib Coba!

Tidak Cuma Candi Borobudur, Magelang Ternyata Punya Destinasi Candi Umbul Wisata tak Kalah Keren, Wajib Coba! -@marijelajahyuk-instagram

MAGELANGEKSPRES -- Magelang terkenal dengan destinasi fenomenalnya Candi Borobudur. Ternyata, ada wisata candi lain yang tak kalah keren yakni Candi Umbul. 

Candi Umbul turut masuk dalam deretan daftar Candi yang ada di Magelang. Destinasi ini bisa menjadi pilihan bagus apabila sedang liburan ke Magelang.

Daerah Magelang termasuk wilayah tertua yang ada di Indonesia. Maka wajar jika di Magelang banyak ditemukan candi yang sudah berusia ratusan tahun peninggalan dari masa lalu. Termasuk salah satunya Candi Umbul

Candi Umbul sendiri berlokasi di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berbeda dengan kebanyakan candi lain yang biasa dibayangkan, candi berupa susunan batu tua yang membentuk bangunan tinggi dengan arsitektur unik. 

BACA JUGA:Asyiknya Menunggangi Kuda di Langgeng Araya Stable, Dekat Dengan Candi Borobudur yang Jadi Rekomendasi Wisata

Candi Umbul dibangun dalam wujud kolam pemandian air panas. Kolam ini memiliki air yang bersumber dari sumber mata air panas yang memancar secara alami. 

Berdasarkan sejarah yang tercatat, Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun sekitar abad ke-8. Candi ini dianggap sebagai yang tertua di Magelang, bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Namun, sayangnya sebagian besar bangunan candi ini telah rusak akibat bencana alam yang mengerikan seperti erupsi gunung, banjir, dan gempa bumi yang pernah melanda daerah ini di masa lalu. Meskipun demikian, masih ada sedikit bagian candi yang tersisa, berupa tumpukan batu yang terletak di dekat kolam.

Selain itu, dekat candi ini terdapat dua kolam pemandian yang menarik perhatian. Kolam pertama adalah kolam utama yang memiliki ukuran lebih besar, sedangkan kolam kedua memiliki ukuran lebih kecil.

BACA JUGA:Tidak Hanya Wisata Sejarah, Ini 7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Candi Borobudur

Kolam-kolam ini ternyata sebelumnya digunakan sebagai tempat mandi bagi para putra dan putri raja. 

Kabar baiknya, saat ini kedua kolam tersebut telah dibuka untuk umum sebagai kolam pemandian air hangat di Candi Umbul. 

Di kalangan masyarakat, beredar cerita tentang keajaiban candi ini. Mitos ini sendiri menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat bersejarah yang menakjubkan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: