Pemerintah Upayakan Pengadaan TPS3R di Kecamatan Garung Wonosobo

Pemerintah Upayakan Pengadaan TPS3R di Kecamatan Garung Wonosobo

WAWANCARA. Kepala DLH Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih saat diwawancarai di ruangannya, Kamis (2/11) siang kemarin.-Mohammad Mukarom-magelangekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih membocorkan rencana pengadaan sarana TPS3R di Kecamatan Garung.

Ia menyebut, sebagai solusi jangka panjang pengelolaan sampah residu bagi warga desa di wilayah kecamatan.

"Ini sedang diupayakan oleh pemerintah, harapannya pasti untuk memberikan solusi jangka panjang terkait persoalan sampah di desa-desa wilayah Garung," katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (2/11) siang.

BACA JUGA:Galian Gorong-gorong di Wonosobo Longsor, 3 Pekerja Meninggal

Diungkapkan, rencana pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) tersebut diproyeksikan bertempat di Desa Sendangsari Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

"Alhamdulillah pihak desa bersedia. Bahkan mereka berkenan untuk memperbaiki akses menuju ke tempat TPS3R nantinya," ungkapnya.

Disampaikan, lahan yang disiapkan untuk TPS3R di Desa Sendangsari luasannya sekitar 3000m². Menurut perkiraan, tempat tersebut diprediksi mampu menampung sampah residu dari seluruh desa di Kecamatan Garung.

Hal itu juga ditegaskan oleh Camat Garung, Amin Purnadi mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo sudah kerap membahas tentang rencana TPS3R di Desa Sendangsari.

BACA JUGA:Kronologi Warga Wonosobo Ngamuk Lempar Sampah di Kantor DLH

"Kita sudah bicarakan dengan Pemkab. Pengajuan lahan untuk dimanfaatkan sebagai TPS3R di Desa Sendangsari akan segera dilaksanakan mulai tahun 2024 mendatang," ungkap Camat saat dihubungi belum lama ini.

Ia menyebutkan, target pemanfaatan lahan tersebut adalah untuk menerima sampah residu dari seluruh desa di Garung, kecuali beberapa desa yang berstatus sebagai desa mandiri sampah.

Amin mengungkapkan, sebelumnya sudah ada 3 desa di Kecamatan Garung yang bersedia menyiapkan lahan untuk tempatnya didirikan sarana TPS3R yaitu, Desa Sendangsari, Desa Mlandi, dan Desa Larangan Lor.

"Yang Sendangsari lahannya 3000m², kalau yang lain itu bahkan ada yang siap lahan 6000m². Tapi yang dipilih Sendangsari karena berbagai pertimbangan," terangnya.

Menurut Amin, Desa Sendangsari terpilih sebagai bakal tempat diadakannya TPS3R di Kecamatan Garung. Pasalnya, akses menuju ke desanya jauh lebih mudah dijangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres