Dinkopdag Temanggung Sikapi Kenaikan Bahan Pokok dan Sayuran

Dinkopdag Temanggung Sikapi Kenaikan Bahan Pokok dan Sayuran

TINJAU. Dinkopdag Temanggung meninjau harga bahan pokok dan cabai di pasar Kliwon rejo Amertani Temanggung Kamis 9 November 2023. -foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES - Kenaikan harga sejumlah bahan pokok dan sayuran khususnya cabai dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir ini, menjadi salah satu alsaan bagi Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Temanggung terjun langsung melakukan pemantauan harga di pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung Kamis 9 November 2023.

Hasil pantauan di pusat perekonomian terbesar di Kabupaten penghasil tembakau ini, harga bahan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya, beras, gula serta cabai. Sejumlah komoditas ini menjadi komoditas utama yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Sehingga kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMK dan Perdagangan Temanggung Ponco Marbagyo, untuk menstabilkan harga jual dari sejumlah barang tersebut, perlu digelar operasi pasar secara rutin.

BACA JUGA:Alumni Bangunkan Kantin Megah di SMK Dr.SutomoTemanggung

"Kami sudah terjadwal, setiap hari Jumat rutin mengelar pasar murah, dengan langkah ini setidaknya bisa mengurangi beban masyarakat, dengan demikian kebutuhan masyarakat juga akan berkurang,"katanya.


Menurutnya, selain itu pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga mensubsidibiaya distribusi pangan pokok strategis ke pasar-pasar tradisional, sehingga bisa menekan harga jual di masyarakat.

"Melakukan namanya fasilitasi distribusipangan ini dilakukan provinsi dan pusat untuk mengurangi biaya distribusinyasehingga ini mengurangi harga ditingkat konsumen, ini yang disubsidi adalahdistribusi pangannya salah satunya termasuk cabai,"katanya.

Ia yakin, meski terjadi kenaikan harga pada tiga komoditas itu, namunpihaknya temanggung memastikan ketersediaan barang tercukupi, untuk itumasyarakat tidak perlu kwatir akan pasokan bahan pangan.

BACA JUGA:Seniman Vietnam Pelajari Budaya Temanggung

Dari pantauan koran ini,  harga cabai rawit mengalami kenaikan signifikan dari harga sebelumnya Rp50 ribu, kini naik menjadi Rp90 ribu perkilogram, cabai merah keriting naik menjadi Rp60ribu dari harga sebelumnya Rp40 ribu perkilogram.

selain cabai lanjutnya, harga beras dan gula pasir juga mengalamikeniakan, harga beras medium dari harga Rp9.450 menjadi Rp10.900, beras premiumnaik dari harga Rp12.500 menjadi Rp14.000 perkilogram, sedangkan gula pasir naikdari harga Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu perkilogram.

Sementara itu salah seorang pedagang Tatik Suharti  mengatakan, tingginya hargacabai karena berkurangan pasokan dari petani. Karena pada musim kemarau ini hasil panen menurun hingga 50 persen, dari yang biasa memanen 10 ton perhektare namun kini hanya 5 ton.

BACA JUGA:Ibu Angkat Penganiaya Balita di Purworejo Diamankan Polisi, Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

"Kalau kemarin masih Rp50 ribu, tadi pagi,maksudnya setiap pagi itu pembelian itu naik terus, gak turun itu enggak. stokuntuk cabai teropong merah gak mesti ada, tetapi barang lainnya ada,"tuturnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres