Berburu Kuliner Legendaris di Pasar Ngasem Magelang

Berburu Kuliner Legendaris di Pasar Ngasem Magelang

Kuliner Legendaris di Pasar Ngasem-Aulia-Dokumen pribadi

MAGELANGEKSPRES -- Pasar Ngasem menjadi salah satu tempat yang menyimpan sajian kuliner tradisional. Terletak di tengah perkotaan tepatnya di Jalan Poncowati Manggis, Bogeman, Kota Magelang Pasar Ngasem berada.

Meskipun Kota Magelang bukan kota yang besar, namun Kota Magelang mempunyai banyak wisata kuliner yang legendaris dan otentik.

Bentuk Pasar Ngasem sangat unik, berukuran sekitar 100 meter dengan bentuk memanjang mengikuti bentuk jalanan.  Pasar Ngasem tidak memiliki bangunan permanen, hanya terdapat lapak-lapak tanpa sekat antar penjual. 

Pedagang memakai sepanjang jalan kampung ini untuk menggelar dagangannya. Walaupun pasar Ngasem tergolong pasar yang kecil. Kuliner masyarakat lokal yang khas banyak dijual di sini.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Cafe Murah di Bandongan Magelang yang Nggak Bikin Dompet Jebol

Terdapat aneka kuliner legendaris yang patut diburu di Pasar Ngasem, mulai dari jajanan ringan sampai makanan yang mengenyangkan seperti senerek. 


Kuliner Legendaris di Pasar Ngasem-Emzy Ardiwinata-youtube

Kuliner legendaris yang harus dicoba jika mengunjungi Pasar Ngasem adalah Jenang (bubur kental Jawa). Di ujung pasar, terdapat warung bernamakan “Aneka Jenang Ngasem” yang sudah berdiri selama 3 generasi. Warung ini menawarkan berbagai jenis jenang seperti jenang sumsum, jenang candil, jenang ketela, dan jenang mutiara. 

Selain itu terdapat jajanan kue rempah khas Belanda Ontbijtkoek dan kue bolu jadul yang digemari sebagai menu sarapan pagi.  

BACA JUGA:Menjajal Wisata Edukasi Tenun di Rumah Tenun Magelang yang Sudah Mendunia

Jajanan lain yang perlu di coba adalah klepon, ketan, gendar, lopis, nasi jagung dan jajanan yang terbuat dari umbi ketela pohon yaitu growol, gethuk lindri, dan sawut.


Kuliner Legendaris di Pasar Ngasem-Emzy Ardiwinata-youtube

Selain makanan, ada pula minuman jadul yang terkenal, yaitu dawet. Dawet pasar Ngasem terkenal dengan nama Dawet Cowek. Awalnya wadah dawet terbuat dari cowek atau wadah berbahan dasar dari tanah liat.

Dawet legendaris ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Untuk membeli dawet dikenai harga Rp 3.000 dapat satu mangkuk dawet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://magelangekspres.disway.id/