Tim Dosen Untidar Latih Remaja Membuat Mini Vacuum Cleaner Robot

Tim Dosen Untidar Latih Remaja Membuat Mini Vacuum Cleaner Robot

Tim Dosen Untidar menggelar pengabdian--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Dosen Universitas Tidar (Untidar) kembali melakukan pengabdian dengan mengangkat tema teknologi. Bersama tim dosen dan beberapa mahasiswa, pengabdian yang digawangi oleh Ikhwan Taufik dan M. Fendy Kussuma H.S. ini adalah tentang pelatihan pembuatan Mini Vacuum Cleaner Robot.

Anggota tim dosen lainnya adalah Fuad Hilmy, Xander Salahudin, dan Julian Anindito Widiatmoko. Pelaksanaannya berada di dua Desa. Yaitu, Desa Kalirejo, Salaman pada Sabtu 25 November dan Desa Sukosari, Bandongan pada Ahad 26 November. Target pesertanya adalah para pemuda-pemudi setempat.

Mereka dilatih tentang pemrograman robot sederhana menggunakan board mikrokontroler Arduino Uno. Komponen tersebut bisa dikatakan sebagai otak dari robot.

“Dengan Arduino, kita bisa membuat proyek-proyek yang sederhana hingga karya teknologi yang bermanfaat sekaligus mengesankan. Apalagi, harga board Arduino relatif murah, open source, dan sangat banyak komunitas yang bisa diajak untuk berdiskusi. Bahkan dimintai tolong untuk menyelesaikan program dengan Arduino,” jelas Ikhwan Taufik, Dosen Teknik Mesin Untidar.

BACA JUGA:Tim Dosen Untidar Bekali Para Guru tentang Metode dan Penulisan Artikel Ilmiah

Pelatihan dimulai dari proyek latihan yang paling sederhana. Yaitu, menyalakan sebuah LED berkedip (blinking LED) dengan cara diprogram. Selanjutnya, peserta diajarkan untuk memprogram beberapa LED menyala secara bergantian (running LED).

“Variasi keluaran (output) lainnya selain LED adalah dengan menggunakan buzzer, sevent segment, dot matrix, LCD, motor, dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, peserta juga diajarkan untuk memprogram dengan adanya push button sebagai sebuah masukan (input). Selain push button, peserta juga dikenalkan komponen input lain seperti sensor ultrasonik.

“Dengan dasar pemrograman tersebut, peserta juga dibawakan kit mini vacuum cleaner robot sebagai alat peraga pemrograman. Peserta dikenalkan dasar pemrograman mini vacuum cleaner robot tersebut oleh tim,” tambahnya.

BACA JUGA:Dosen Untidar Latih Pembukuan Sederhana Bagi Pengelola Glamour Camping Terasering Menoreh

Nantinya, mini vacuum cleaner robot tersebut berfungsi untuk menyedot debu ataupun kotoran secara otomatis karena telah dilengkapi sensor.

“Dengan cukup dinyalakan dan diletakkan di lantai yang kotor, mini vacuum cleaner robot mampu membersihkan kotoran seperti debu, potongan kertas kecil, serpihan kerupuk, bahkan kulit kuaci atau sejenisnya,” tuturnya.


Tim Dosen Untidar Latih Remaja Membuat Mini Vacuum Cleaner Robot--

Selanjutnya mini vacuum cleaner robot juga dihibahkan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Kepada Desa Kalirejo, Agus Prastya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim pengabdian.

“Kami berharap silaturahmi senantiasa terjalin, dan program-program seperti ini akan terus berlanjut. Jika memungkinkan pelatihan selanjutnya tentang teknologi 3D printing,” katanya yang diamini oleh Sekretaris Desa, Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres