Siapa Bilang Matematika itu Sulit? Nggak kok!

Siapa Bilang Matematika itu Sulit? Nggak kok!

Dita Setyowati, Mahasiswa Universitas Tidar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika--

MAGELANGEKSPRES -- Dikutip dari beberapa jurnal, sederhananya ketika kita belajar matematika materi baru, sel otak yang bernama neuron itu menyalurkan informasi ke neuron lainnya.

Penyebab dari peritiwa tersebut adalah menuntut otak berupaya keras, tetapi setelahnya akan terasa lebih mudah.

Sayangnya, orang-orang cenderung menyerah lebih awal dan menyimpulkan ia tidak dapat memahami materi matematika tersebut dan menganggap matematika itu sulit.

Sejak awal kita telah membahas sulit, tetapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan sulit itu sendiri? Kata sulit memiliki beberapa arti yakni sukar, susah diselesaikan, jarang terdapat, dan dirahasiakan.

Lalu bagaimana dengan lawan katanya?

BACA JUGA:Mahasiswa PKM UNIMMA Ajak Ratusan Siswa SD Datangi Markas Damkar Kabupaten Magelang

Lawan kata dari sulit merupakan mudah, definisi dari mudah yaitu sesuatu yang menunjukkan atau membutuhkan sedikit usaha.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata mudah memiliki beberapa arti yaitu tidak banyak tenaga, lekas sekali, dan gampang. 

Masih sangat sedikit orang yang menganggap matematika itu gampang. Dengan menerapkan kegiatan yang berbeda di setiap metodenya, akan menumbuhkan kepercayaan bahwa matematika itu asik.

BACA JUGA:Tim Dosen Untidar Latih Remaja Membuat Mini Vacuum Cleaner Robot

Didukung dengan guru yang menanamkan pikiran murid-muridnya bahwa pelajaran matematika itu mata pelajaran yang mudah dan menyenangkan.

Contoh materi mata pelajaran matematika yang beberapa orang beranggapan materi itu dinilai sulit padahal sebenarnya itu mudah.

Satu di antara materi lainnya adalah bab geometri ruang dalam mata pelajaran matematika wajib tingkat SMA.

Sedari awal pertemuan, guru akan mengatakan bahwa materi ini dapat dikatakan lebih mudah ketika dibantu dengan imajinasi, tetapi siswa terkadang mengabaikannya sehingga ia salah menjawab soal yang kemudian mengangap diri mereka bodoh dan menghindari mata pelajaran bernama matematika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres