Targetkan 1,7 Juta Orang Berwisata ke Wonosobo

Targetkan 1,7 Juta Orang Berwisata ke Wonosobo

Dokumen foto gapura Wonosobo Asri dari arah Temanggung. -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo, H Agus Wibowo menargetkan, angka kunjungan wisata pada momen nataru tahun ini bisa menggaet hingga 1,7 juta orang.

Ini lebih tinggi dari nataru tahun 2022 yang semula hanya 1,4 wisatawan.

"Tahun ini meningkat karena selain karena sudah tidak pandemi lagi, kita juga sudah banyak persiapkan berbagai fasilitas untuk para wisatawan.Targetnya 1,7 juta orang di tahun ini," kata Kepala Disparbud, H Agus Wibowo kepada Wonosobo Ekspres, Rabu (6/12).

Dia menyampaikan, meskipun target untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara pada momen natal dan tahun baru (nataru) 2023 diupayakan bisa meningkat, namun sejak dua pekan terakhir daya mobilisasi pariwisata terpantau turun drastis.

BACA JUGA:Sebuah Wisata Tersembunyi yang Mengundang Para Penjelajah untuk Meresapi Keindahan Telaga Warna Wonosobo

Sayangnya Agus belum bisa memberikan angka persentase secara pasti, terkait turunnya grafik kunjungan yang dinilai cukup drastis belakangan ini.

"Kita sudah ada rapat sebelumnya, ada laporan bahwa kunjungan wisatawan turun sekali di dua pekan terakhir," ungkap Agus.

Dari rapat-rapat yang digelar bersama pelaku pariwisata, Agus memprediksikan penurunan kunjungan tersebut dipengaruhi oleh curah hujan yang cukup tinggi sejak akhir November lalu.

"Padahal waktu kemarau panjang kunjungan wisatawan ini bisa dikatakan stabil ya. Tapi sejak musim hujan, angka itu justru turun," terangnya.

Walaupun begitu, Agus tetap optimis bisa menggaet jumlah wisatawan di Wonosobo seperti yang sudah ditargetkan, yaitu sebanyak 1,7 juta orang pengunjung selama momen nataru masih berlangsung.

BACA JUGA: 5 Wisata Wonosobo yang Tak Kalah Indah Dari Dieng Plateau, Belum Banyak Yang Tau!

Kepercayaan dirinya itu dikatakan karena melihat angka kunjungan di momentum yang sama pada tahun 2022. Di mana ia telah menargetkan 1,3 juta orang wisatawan, justru saat nataru selesai total kunjungan ke Wonosobo bisa melampaui target, yaitu 1,4 orang.

"Saya yakin kok target bisa terpenuhi. Karena Wonosobo punya objek wisata yang kita jadikan primadona untuk wisatawan. Tahun lalu saja bisa lebih dari target, tahun ini tentunya bisa juga dong," pungkasnya.

Ia menyebutkan, pemerintah sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut hari libur. Seperti perbaikan akses, pemenuhan amenitas, pengecekan kesiapan penginapan, dan lain-lain. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: