Masa Tanam Padi di Purworejo Terancam Mundur

Masa Tanam Padi di Purworejo Terancam Mundur

TANAM PADI MUNDUR. Masa tanam padi di wilayah Desa Cengkawakrejo Kecamatan Banyuurip terpaksa mundur akibat masih minimnya air.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Musim penghujan telah tiba di Kabupaten Purworejo setelah kemarau panjang melanda selama hampir 8 bulan.

Kendati demikian, hujan turun tidak lantas membuat para petani padi di daerah itu bisa langsung memulai proses tanam.

Petani padi di sejumlah wilayah Purworejo saat ini masih mengalami kendala serius terkait pengairan. Salah satunya petani di Desa Cengkawakrejo Kecamatan Banyuurip. Jadwal masa tanam padi di desa tersebut sudah dua kali mengalami pengunduran.

BACA JUGA:TNI, Polri, BPBD Purworejo Gotong Royong Bersihkan Pasar

"Secara umum sudah ada jadwal, awalnya Cengkawakrejo dijadwalkan November. Lalu diundur di 1 Desember, setelah itu diundur lagi dalam waktu 14 hari. Mudah-mudahan 15 Desember nanti petani sudah bisa menanam," kata Kepala Desa Cengkawakrejo, Imlais Wiski Bagasworo, Kamis (7/12).

Imlais menyesalkan kemunduran jadwal pengairan tersebut karena tidak ada informasi yang disampaikan ke desanya. Kemunduran jadwal itu sangat berpengaruh terhadap petani maupun sektor petanian di desanya.

"Besar pengaruhnya, karena sebagian petani sudah mulai olah tanah bahkan tebar benih. Kalau air terlambat, olah tanah sulit dilakukan sedangkan usia benih sudah semakin tua," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa petani padi di desanya sangat bergantung pada saluran irigasi sungai Boro. Saat ini debit air sungai Boro masih rendah dan air sedang diarahkan ke wilayah selatan tepatnya di Blok Kemantren 2 Kecamatan Purwodadi.

BACA JUGA:Harga Cabai di Purworejo Kian Naik, Petani Bersyukur Dapat Untung

"Tidak masalah, cuma seharusnya kalau ada perubahan jadwal tolong informasi cepat masuk ke kami. Kami dijadwalkan 1 Desember maka saat itu juga warga mulai olah tanah dan tebar benih, tapi ternyata air kurang," ungkapnya.

Bagasworo menyadari, hujan telah turun di daerah ini namun intensitasnya masih cukup rendah sehingga belum mampu mencukupi kebutuhan air bagi petani di desanya.

Kendati jadwal terlambat ia mengimbau para petani tetap melanjutkan proses olah lahan dan tebar benih.

"Untuk tebar ini kan tidak terlalu butuh air. Jadi itu bisa dilakukan sambil pelan-pelan olah lahan. Mudah-mudahan tanggal 15 air benar-benar mengalir sehingga kita bisa mulai tanam," tandasnya.

Tak hanya Cengkawakrejo, lanjut Imlais, saat ini persoalan yang sama juga dialami petani di Desa Keduren, Karangmulyo, Ketangi, Wangunrejo serta Sumberejo Kecamatan Purwodadi. Dia harap dinas terkait memberi perhatian serius terhadap persoalan pengairan yang dialami petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres