Baru Buka Prodi Pariwisata, Untidar Jalin Kerja Sama Riset dengan Sejong University

Baru Buka Prodi Pariwisata, Untidar Jalin Kerja Sama Riset dengan Sejong University

KERJASAMA. Tim dosen Untidar saat melakukan diskusi dengan dari dosen peneliti Sejong University.-ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Universitas Tidar Kota MAGELANG melakukan kolaborasi riset dan publikasi bersama di jurnal internasional bereputasi dengan Perguruan Tinggi Sejong University, Seoul, Korea Selatan.

Sebanyak tiga orang yang mengikuti kegiatan ini adalah Ir. Ibrahim Nawawi ST MT LPM (Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Tidar), Muhammad Rifqi Ma'arif ST MEng (Dosen Prodi S1 Teknik Mesin), dan Kurnia Fahmy Ilmawan SSi MSc ( Dosen Prodi S1 Pariwisata).

Muhammad Rifqi Maarif menjelaskan dalam kegiatan ini, para peneliti dari Universitas Tidar tersebut berdiskusi dengan peneliti dari Sejong University untuk mengeksplorasi topik-topik penelitian yang potensial untuk dikolaborasikan antara dua universitas.

BACA JUGA:Peringati 16 HAKTP, Satgas PPKS Untidar Masifkan Gerakan Anti Kekerasan Perempuan

"Kami juga melakukan tuning dan finalisasi artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi, melakukan pengembangan kerja sama penelitian dan pengembangan dengan Faculty of Tourism Sejong University," katanya, Kamis (30/11) lalu.

Sejong University merupakan salah satu leading institution pada keilmuan pariwisata (Tourism and Hospitality) di dunia dengan memiliki peringkat ke-46 dunia dan peringkat terbaik ke-10 besar di Asia dalam kategori Hospitality and Leisure Management.

Universitas Tidar baru membuka prodi Pariwisata sebab Magelang dekat dengan Candi Borobudur sebagai salah satu World Heritage.

Maka Untidar perlu berkolaborasi dengan Fakultas/Jurusan Pariwisata terbaik di Asia/dunia untuk pengembangan keilmuan dan penelitian.

BACA JUGA:Dosen Untidar Magelang Ajak Peternak Kambing Perah Trajumas Ciptakan Bank Pakan

Luaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya dua publikasi artikel ilmiah dengan dosen Untidar sebagai first/corresponding author di Jurnal Internasional bereputasi (Q1/Q2).

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi penelitian dan publikasi yang sebelumnya telah diinisiasi dan berhasil dipublikasikan tiga artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1/Q2)," jelas Muhammad Rifqi Maarif.

Ia menambahkan kegiatan meningkatkan kinerja dan mutu dalam mencapai IKU-Untidar khusus nya IKU 3 (Dosen berkegiatan di Universitas Peringkat QS-100 by Subject), IKU 5 (Penerapan riset dosen, karya dosen dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi), IKU 6 (Program studi di Untidar bermitra dengan mitra kelas dunia yakni program studi dari Perguruan Tinggi QS-100).

BACA JUGA:Riset Kolaboratif, Dosen Untidar Isi Kuliah Tamu di Sejong University, Korea Selatan

Tim dari Universitas Tidar telah berangkat ke Seoul pada Sabtu (25/11). Mereka melaksanakan rangkaian kegiatan hingga Jumat (1/12) dan tiba di Magelang lagi pada Minggu (3/12) lalu. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres