Sepi, Alun-alun Temanggung Kehilangan Daya Tarik

Sepi, Alun-alun Temanggung Kehilangan Daya Tarik

BERMAIN.Sejumlah anak-anak sedang bermain dialun-alun Temanggung.-SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Berbeda dengan alun-alun di Kabupaten/kota lainnya, alun-alun Temanggung kondisinya sangat sepi aktivitas masyarakat, padahal alun-alun yang berada di pusat kota ini baru kurang lebih lima tahun direnovasi.

Sepertinya alun-alun Temanggung sudah kehilangan daya tariknya, sehingga masyarakat enggan datang ke tempat tersebut,kecuali jika ada perayaan atau kegiatan lainnya yang mengundang daya tarik masyarakat.

BACA JUGA:Festival Balon Udara, Jurus Jitu Dongkrak Pariwisata Temanggung

Selain itu, minimnya pedagang yang menjajakan barang dagangannya di alun - alun juga menjadi salah satu penyebab alun-alun menjadi tidak diminati masyarakat.

"Alun-alun kan identik dengan tempat terbuka, ada mainan anak-anak dan pedagang makanan,"tutur Zakaria salah satu warga yang kebetulan sedang berada di lokasi setempat Kamis kemarin.

Menurutnya, lima tahun lalu, sebelum alun-alun direnovasi, banyak penjual jasa mainan anak dan pedagang makanan dan yang lainnya, sehingga kondisi alun-alun tidak pernah sepi dari aktivitas masyarakat.

Namun tuturnya, setelah selesai direnovasi tidak ada lagi pejaja mainan anak-anak dan pedagang makanan, sehingga alun-alun Temanggung menjadi kehilangan daya tariknya.

BACA JUGA:Boyong Menoreh Kini Jadi Magnet Pariwisata Temanggung, Setiap HUT Wajib Digelar

"Biasanya saya ajak anak-anak ke alun-alun Magelang, disana ramai sekali,"ujarnya.

Ia menuturkan, di alun-alun Magelang masih banyak penjaja makanan, baik itu makanan berat maupun ringan, sehingga banyak warga yang berkumpul di lokasi itu.

Senada juga disampaikan Wardiman warga lainnya, alun-alun Temanggung saat ini bukan menjadi pilihan masyarakat untuk berakhir pekan dengan keluarga, sebagian besar masyarakat Temanggung lebih memilih ke luar kota untuk menikmati akhir pekan ataupun libur Panjang.

Ia berharap kedepan alun-alun Temanggung bisa dimanfaatkan seperti sebelum direnovasi, sehingga masyarakat Temanggung tidak perlu lagi keluar kota untuk berkahir pekan maupun kegiatan keluarga lainnya.

BACA JUGA:Disabilitas di Temanggung Berharap pada Ganjar Pranowo

"Mungkin tidak hanya saya, sebagian besar masyarakat Temanggung mempunyai harapan yang sama terkait dengan alun-alun Temanggung ini, alun-alun menjadi ramai, otomatis perekonomian juga akan jalan,"tuturnya.(Set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres