Kota Magelang Raih Penghargaan Peduli HAM, Tapi Belum Maksimal di Sektor Ini

Kota Magelang Raih Penghargaan Peduli HAM, Tapi Belum Maksimal di Sektor Ini

Penyerahan Penghargaan Kota Peduli HAM pada Kamis, 28 Desember 2023-prokompim kota magelang-prokompim kota magelang

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Kota Magelang kembali mengantongi penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022.

Hanya saja, ada beberapa sektor yang dirasa belum optimal seperti masalah keberagaman, plurarisme, anak-anak, dan perempuan.

Untuk diketahui bahwa pemberian penghargaan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang pada Kamis, 28 Desember 2023.

Penghargaan Kota Peduli HAM diserahkan kepada Larsita, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Magelang mewakili Wali Kota Magelang  dr Muchamad Nur Aziz.

Larsita menyatakan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan salah satu bentuk pengakuan Pemerintah Jawa Tengah kepada Kota Magelang.

Hal itu juga sebagai pengakuan jika Kota Magelang dicap sangat peduli terhadap Hak Asasi Manusia.

BACA JUGA:Makiran, Pemilik Warung Soto di Kota Magelang Pede Nyaleg DPR RI Karena Ingin Perjuangkan Hak-Hak Buruh

Capain perolehan penghargaan ini menjadi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang untuk memacu agar lebih baik lagi terkait penegakan HAM.

“Penghargaan ini terus dikejar, karena tahun lalu Magelang tidak mendapatkan nilai. Hal ini menjadi tantangan kita (Pemkot Magelang) untuk tidak berpuas diri,” kata Larsita setelah menerima penghargaan Kota Peduli HAM.

Sedangkan perolehan nilai, Kota Magelang mendapatkan sebesar 78,45 poin.

Namun Larsita mengungkap ada beberapa indikator yang perlu diperbaiki di tahun berikutnya agar ke depannya lebih baik lagi.

“Terdapat beberapa indikator yang belum maksimal yang dicapai Kota Magelang, terutama di keberagaman, perempuan, pluralisme, dan anak," ujarnya.

BACA JUGA:Lagi, Kota Magelang Raih Indeks Sistem Merit Tertinggi se Jawa Tengah

Sebagai salah satu kota yang menerima penghargaan Kota Peduli HAM, Kota Magelang telah melalui proses yang panjang dan melalui perencanaan-perencanaan yang komperhensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: