Rumah Kopi Lengkapi Objek Wisata Goa Seplawan Purworejo

Rumah Kopi Lengkapi Objek Wisata Goa Seplawan Purworejo

RUMAH KOPI. Kawasan objek wisata Goa Seplawan yang terletak di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo kini dilengkapi fasilitas baru bernama Rumah Kopi.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Kawasan objek wisata Goa Seplawan yang terletak di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo kini dilengkapi fasilitas baru bernama Rumah Kopi.

Selain menjadi lokasi wisatawan menikmati kopi sambil melihat pemandangan alam, Rumah Kopi sekaligus dapat digunakan sebagai wadah para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mempromosikan produknya.

BACA JUGA:9 Pantai Paling Istimewa di Purworejo, Dijamin Terkesima dengan Kejernihan Airnya

Kepala Dinperintransnnaker Kabupaten Purworejo, Ir Hadi Pranoto, menyebut Rumah Kopi telah diresmikan oleh Plh Sekda Purworejo, Drs Bambang Susilo, pada Kamis (28/12/2023) lalu.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan SK pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Purworejo kepada Kepala Desa Donorejo. Masyarakat yang hadir juga dihibur dengan penampilan kesenian ndolalak dan kuda lumping.

Menurut Hadi Pranoto, adanya Rumah Kopi sekaligus menjadi representasi bahwa Kabupaten Purworejo, khususnya wilayah Kaligesing, kaya komoditas kopi unggulan.

"Desa Donorejo merupakan sentra kopi di Kabupaten Purworejo. Ada kopi Seplawan dan Kopo Semi dari Desa Donorejo," katanya, Kamis (4/1).

BACA JUGA:Hujan Badai di Purworejo Sebabkan Pohon Tumbang hingga Atap Terbang

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Rumah Kopi ini di dalamnya lengkap tidak hanya dari Kecamatan Kaligesing. Hal itu mengingat Kabupaten Purworejo punya sumber-sumber penghasil kopi yang bagus dan unggul.

"Ada kopi Benowo dari kecamatan Bener, ada Kopi Gunung Condong dari Kecamatan Bruno, Kopi Purbayan dari Kecamatan Kemiri, sebagian besar jenisnya robusta," sebutnya.

Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin mengungkapkan bahwa pada sembilan tahun terakhir, pemerintah sangat fokus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah terus mendorong dan mengoptimalkan potensi wisata di daerah dengan membentuk desa wisata. Sehingga diharapakan dengan sektor ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Keunikan Bukit Sebutrong Purworejo yang Bentuknya yang Seperti Gajah

Pihaknya juga mengapresiasi dan bangga kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo yang bersinergi membangun Rumah Kopi. Ia juga berharap Rumah Kopi ini tidak hanya sekadar bangunan, melainkan bisa menjadi rumah bersama bagi pelaku kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres