Doa Setelah Wudhu, Amalan Ringan dengan Jaminan Surga

Doa Setelah Wudhu, Amalan Ringan dengan Jaminan Surga

Doa Setelah Wudhu, Amalan Ringan dengan Jaminan Surga--

MAGELANG EKSPRES-Banyak sekali amalan ringan yang sering kita abaikan. Diantara amalan ringan yang diperintahkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam adalah membaca doa setelah wudhu.

Bagi yang membaca doa setelah wudhu maka  akan dibukakan baginya delapan pintu surga dan  akan masuk lewat pintu mana saja yang dia mau.

Setiap waktu kita bisa wudhu. Tak hanya kalau mau shalat saja tapi kita juga diperintahkan wudhu untuk mengendalikan amarah, juga wudhu sebelum tidur. Usai wudhu kita diperintahkan untuk berdoa.

BACA JUGA:Shalat Sunnah Wudhu, Amalan Ringan Pahalanya Besar

Doa setelah wudhu adalah amalan yang pahalanya besar. Sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Dan untuk membaca doa itu cukup meluangkan waktu 1-2 menit saja.

Ada beberapa lafadz doa setelah wudhu yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam. Kita bisa memilih dan mengamalkannya.

Lafadz Doa Setelah Wudhu

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ »

“Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya lalu ia mengucapkan  ‘ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN’ .

BACA JUGA:Nggak Cuma Sholat, Ini Amalan yang Perlu Disertai Wudhu

(artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci), dengan membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia akan masuk lewat pintu mana yang dia mau." (HR Tirmidzi No.55 dan Syaikh Al-Albani mengatakan hadist ini shahih).

Doa lain yang diajarkan dibaca  setelah wudhu

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“SUBHANAKALLOHUMMA WA BIHAMDIKA, ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLA ANTA, ASTAGH-FIRUKA WA ATUUBU ILAIK"

Artinya : Mahasuci Engkau Ya Allah dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu." (HR An-Nasai dalam 'Amal Al Yaum wa Al-Lailah, halaman 173)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: