Ingin Kuliah Gratis? KIP Kuliah solusinya, Yuk Cek Persyaratannya dan Cara Daftarnya!

Ingin Kuliah Gratis? KIP Kuliah solusinya, Yuk Cek Persyaratannya dan Cara Daftarnya!

Beasiswa KIP kuliah solusi kuliah gratis dan dapat uang saku -teman.kipkuliah-Tangkap Layar Instagram

MAGELANGEKSPRES - Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau SMK atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Program ini bertujuan untuk memperluas akses dan kesempatan bagi lulusan SMA atau SMK atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maupun swasta.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dibuka Februari 2024 mendatang sedangkan untuk jalur SNBT akan dibuka pada bulan Maret.

Bagi Calon mahasiswa yang mengalami keterbatasan ekonomi bisa mendaftar KIP Kuliah 2024 supaya tetap bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

BACA JUGA:Universitas Negeri Semarang Umumkan Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Beberapa Prodi Unggulannya

Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2024, Calon Mahasiswa wajib membuat akun KIP Kuliah terlebih dahulu yang dibuka hampir sepanjang tahun menyesuaikan jadwal penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan perlu tahu bahwa KIP Kuliah 2024 ini hanya bisa digunakan pada perguruan tinggi negeri dan swasta di bawah naungan Kemendikbud Ristek dan Kemenag.

Sehingga KIP Kuliah tidak berlaku untuk Calon Mahasiswa yang berencana mendaftar di Poltekes Kemenkes atau perguruan tinggi kedinasan.

Supaya proses pembuatan akun dan pendaftaran KIP Kuliah 2024 tak mengalami kendala, Calon Mahasiswa wajib mengetahui syarat dan ketentuan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024.

BACA JUGA:UNNES Tawarkan Fleksibilitas dengan Membuka Program Magister dan Doktor By Research

Berikut adalah informasi syarat dan kriteria ekonomi bagi Calon Mahasiswa pendaftar KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Lulusan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan atau MA atau sederajat tahun ajaran 2024, 2023 dan 2022.

2. Calon Mahasiswa dinyatakan lulus seleksi masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dan jalur mandiri di perguruan tinggi yang menyelenggarakan KIP Kuliah.

3. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah memiliki potensi akademik yang baik dan berasal dari golongan keluarga miskin atau rentan miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: