Pekerjaan Flyover Canguk Magelang Mulai Digarap

Pekerjaan Flyover Canguk Magelang Mulai Digarap

PENGERJAAN. Sebuah alat berat dikerahkan untuk mengebor tanah di sisi utara proyek flyover Canguk.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Proyek flyover dan semi underpass di Canguk, Kota Magelang, saat ini sudah berlangsung. Pekerjaan yang sebelumnya mundur dari rencana awal ini dimulai dengan pembersihan lahan di sisi selatan dan utara.

Di sisi selatan, ada pemerataan tanah yang disiapkan untuk badan jalan baru. Jalan yang akan menampung arus kendaraan dari arah Salatiga menuju Kota Magelang atau ke Yogyakarta dan Purworejo.

Sedang di bagian utara ada pengeboran tanah dengan secant pile. Di lokasi itu, akan dibangun dinding penahan tanah urugan baru. Fungsinya, untuk menjaga kestabilan dan daya dukung tanah agar tidak terjadi longsor.

BACA JUGA:Setelah Terjadi Hujan Badai di Magelang, Wisata Gunung Telomoyo Harus Ditutup Sementara, Berikut informasinya

Pejabat Pembuat Komitmen BPJN (Balai Pelaksana Jalan Nasional) Jateng- DIY, Jutika Aditya Nugraha, mengakui, rencana awal memang berkontrak di bulan September 2023 lalu.

"Tetapi karena proses lelang yang memerlukan waktu panjang, sehingga kontrak dilaksanakan bulan November 2023. Karena proses evaluasi yang memakan lama," katanya, dihubungi lewat telepon, Selasa (23/1).

Dia menyebutkan, adapun pelaksana pekerjaan proyek senilai Rp103 miliar ini adalah PT Yasa Patria Perkasa. Pekerjaan dijadwalkan selesai dalam tempo 12 bulan.

Pembuatan flyover dan semi underpass Canguk diproyeksikan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu.

Kawasan Canguk menjadi salah satu titik persimpangan padat dari berbagai kota, yakni dari arah Salatiga, Semarang, Yogyakarta dan Purworejo.

BACA JUGA:Rayakan Imlek di Atria Hotel Magelang, Ada Barongsai hingga Wayang Potehi

Sebagai jalan negara, wajar jika banyak dilalui kendaraan besar seperti bus, truk tronton dan trailer. Sehingga sudah bisa dipastikan, arus selalu tersendat, baik dari arah Jalan Urip Sumoharjo maupun Jalan Soekarno-Hatta.

Untuk flyover akan dibangun dua lajur. Dari arah Semarang menuju Yogyakarta dan sebaliknya. Sedang semi underpass dibangun untuk menampung arus kendaraan dari arah Salatiga ke Kota Magelang. Juga arus kendaraan dari dan menuju dalam Kota Magelang melalui Jalan Telaga Warna. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres