Shalat Sunnah Fajar, Amalan Ringan yang Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Shalat Sunnah Fajar, Amalan Ringan yang  Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Shalat Sunnah Fajar, Amalan Ringan yang Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya--

MAGELANG EKSPRES-Diantara amalan ringan yang pahalanya besar adalah shalat sunnah Fajar. amalan tersebut tak pernah ditinggalkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.

Disebutkan dalam hadist yang shahih bahwa orang yang senantiasa mengerjakan shalat sunnah Fajar. Yakni shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat Subuh maka lebih baik daripada dunia dan seisinya. Sulit dibayangkan dengan akal manusia.

Jika keutamaan shalat sunnah Fajar saja demikian besar, bagaimana  dengan keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.

BACA JUGA:Hukum Shalat Berjamaah : Laki-laki yang Tidak Shalat Berjamaah di Masjid Berdosa!

Sebagai manusia normal mungkin kita tak bisa membayangkan besarnya dunia dan isinya itu seperti apa. Itu baru dunia dan seluruhnya isinya, padahal keutamaan shalat sunnah Fajar lebih baik dari itu. Tentu semakin sulit kita bayangkan betapa besarnya.

Itu janji Allah Ta'ala yang akan diberikan pada hambanya yang senantiasa mengerjakan shalat sunnah Fajar. Namun kenyataanya justru banyak orang yang meremehkannya.

Dalil Pertama

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Dua rakaat fajar (shalat sunnah qabliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim, no. 725).

Dalam lafal lain, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara mengenai dua rakaat ketika telah terbit Fajar Subuh,“Dua rakaat shalat sunnah Fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya.” (HR. Muslim, no. 725).

BACA JUGA:Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan,

“Shalat sunnah Subuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Subuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i, dan jumhur (baca: mayoritas) ulama.” (Syarh Shahih Muslim, 6:3)

Dalil Kedua

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam selalu menjaga shalat sunnah Fajar. Beliau berusaha mengerjakan shalat sunnah Fajar secara rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: