Pelaku UMKM Purworejo Digelontor Bantuan Modal

Pelaku UMKM Purworejo Digelontor Bantuan Modal

BERFOTO. Pelaku UMKM penerima bantuan tenda kerucut dan bantuan modal berfoto bersama usai penyerahan secara simbolis.--

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan bantuan tenda kerucut untuk 16 Forum UMKM Kecamatan se Kabupaten Purworejo. Selain itu, juga memberikan bantuan tambahan modal usaha dana bergulir.

Penyerahan bantuan dilakukan di sela-sela kegiatan Pemberdayaan Kelembagaan Potensi Usaha Mikro Melalui Pembinaan Tenant dengan Tema Optimalisasi Peningkatan Pemasaran di Gedung PLUT KUMKM Kabupaten Purworejo, belum lama ini.

Tampak hadir PLH Sekda Kabupaten Purworejo Drs Achmad Kurniawan Kadir MPA, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP MM, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, pimpinan Bank Jateng KC Purworejo Isnanto Subroto dan pejabat terkait.

BACA JUGA:Hampir Seribu KK di Wonosobo Terdampak Krisis Air

Bupati mengatakan keberadaan forum UMKM sebagai mitra pemerintah, selama ini telah berkiprah dan berkontribusi dalam pengembangan UMKM kewilayahan.

Rasio jumlah UMKM yang cukup pesat di angka lebih dari 54 ribu unit, menurutnya perlu strategi pembinaan berorientasi naik kelas dengan melibatkan partisipasi masyarakat termasuk perguruan tinggi dan dunia usaha.

"Tujuan utama untuk memberdayakan potensi usaha mikro, optimalisasi peran dan fungsi produk. Membangun  sinergi pemberdayaan dan pengembangan UMKM, meningkatkan kualitas keanggotaan UMKM di Kecamatan dan peningkatan pemasaran," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, pemberdayaan dan pengembangan UMKM menjadi prioritas Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan yang bersinergi dengan para pemangku kepentingan.

BACA JUGA:Banding Caleg Purworejo Diterima, Abdullah Lolos dari Ancaman Penjara

Konsen utama untuk meningkatkan kapasitas SDM sebagai pelaku usaha kreatif dan inovatif yang memiliki jiwa kewirausahaan.

"Kami berusaha meningkatkan kualitas produk yang memiliki daya saing secara kompetitif dan komparatif. Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah, dengan menciptakan lapangan kerja," katanya.

Kepala DKUKMP Kabupaten Purworejo Gathot Suprapto SH melaporkan, kegiatan yang dilaksanakan ini akan dilakukan pemberdayaan sedikitnya 3 point yakni Literasi Keuangan, UMKM Go ekspor dan  Sosialisasi Metrologi Legal dan BDKT. Ia menambahkan bantuan yang diberikan berupa tenda kerucut, 2 unit meja, dan 1 kursi dan permodalan sebesar Rp 3 juta untuk 16 Forum UMKM dari 16 Kecamatan. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres