Pantau TPS di Watumalang Wonosobo, Wabup Singgung Integritas Petugas

Pantau TPS di Watumalang Wonosobo, Wabup Singgung Integritas Petugas

TINJAU. Wabup Albar melakukan peninjauan kesiapan di TPS Dusun Sigaok, Desa Kuripan, Watumalang, Selasa (13/2).-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO,MAGELANGEKSPRES - Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar memantau kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Watumalang. Ia menyinggung soal integritas petugas di setiap proses pemilihan umum (pemilu).

"Penyelenggara, petugas, ini harus benar-benar melaksanakan amanah sesuai aturan dan hati nurani. Sebagai bagian dari panitia penyelenggaraan pemilu, integritas harus ada," tegas Wakil Bupati (Wabup), Muhammad Albar ketika pantau TPS Dusun Sigaok, Desa Kuripan, Kecamatan Watumalang, Selasa (13/2/2024).

Diketahui, Wabup Albar tengah meninjau sejumlah TPS di beberapa kecamatan. Di mulai dari Kecamatan Watumalang, Mojotengah, Garung, dan Kecamatan Kejajar. Ia mewanti-wanti agar tak satupun petugas yang tak profesional, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berlangsung lancar.

BACA JUGA:APK Caleg Wonosobo Masih Beredar, Bawaslu Bertindak

Pada kesempatan pantauan di Dusun Sigaok, dirinya juga turut menyebut-nyebut oknum petugas penyelenggara pemilu, yang diharapakan tak bermunculan di seluruh tahapan kontestasi politik, termasuk ketika masa coblosan serentak, 14 Februari 2024 besok.

"Biaya pemilu itu sangat besar, jangan sampai dirusak oleh oknum-oknum yang nantinya akan bikin negara kita hancur. Pasti sangat merugikan negara. Saya berharap setiap tahapan bersih dari oknum," tandasnya.

Ketua KPPS setempat, Chomariyah mengatakan, jumlah DPT di TPS Dusun Sigaok merupakan jumlah terbanyak dari 197 TPS di dusun lain, se-kecamatan.

"TPS 14 ini di Dusun Sigaok Kuripan dan merupakan jumlah DPT terbanyak, ada 281 DPT," katanya.

Dari sekian DPT di TPS 14, terdapat total 7 orang petugas KPPS. Walau jumlahnya terbatas, Chomariyah mengaku bahwa rekan kerjanya merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman menjadi panitia penyelenggara pemilu.

BACA JUGA:Oknum Anggota KPU Wonosobo Siapkan Rp 183 Juta, Diduga Gerakkan PPK Menangkan Kubu 03

"Rata-rata sudah pernah jadi petugas, jadi insyaallah lancar. Kita juga disediakan vitamin dan obat-obatan lengkap oleh PPS," pungkasnya.

TPS Dusun Sigaok bertempat di sebuah gedung serbaguna di dusun. Lokasinya termasuk akses yang mudah dijangkau dan dipastikan aman.

Di titik tersebut, juga merupakan kawasan yang terfasilitasi sinyal internet, meski di samping itu sejumlah TPS di Watumalang mengalami pergeseran, salah satunya karena blank spot sinyal internet.

Demikian disampaikan oleh salah satu petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Watumalang, Aan Susanto. Ia mengatakan, TPS 14 tergolong aman dari segala hambatan, sehingga ia meyakininya pelaksanaan pemilu akan berjalan mulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres