Di Temanggung Jual Beras SPHP Diatas HET Bakal Ditindak Tegas

Di Temanggung Jual Beras SPHP Diatas HET Bakal Ditindak Tegas

ANTRE. Ratusan warga sedang mengantri untuk mendapatkan beras saat operasi pasar yang digelar Pemkab Temanggung dan Bulog cabang Magelang.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Bulog Cabang Magelang akan memberikan sanksi tegas, pada pedagang beras SPHP yang nekad menjual beras SPHP diatas harga eceran tertinggi (HET).

Kepala Bulog Cabang Magelang M Ihsan Sura Adilaga mengatakan, harga jual beras SPHP sudah ditentukan sesuai dengan HETnya yakni Rp54.500 per kemasan isi 5 kilogram, atau per kilogramnya adalah Rp10.900.

Sehingga katanya, jika ada pedagang yang nekad menjual beras SPHP diatas harga HET, maka akan diberikan sanksi tegas.

BACA JUGA:Harga Beras di Pasar Temanggung Naik Sigfikan

"Sebagai sanksinya Bulog tidak akan lagi mengirim atau mendopring berasa SPHP yang pedagangnya menjual beras SPHP diatas harga HET," tegasnya saat operasi beras di pasar Legi Parakan Kamis kemarin.

Menurutnya, Bersa stabilitas pasokan harga pangan (SPHP) dijual oleh Bulog memang sengaja untuk menurunkan atau menstabilkan harga beras dipasaran.

"Tujuannya agar harga beras dipasaran bisa normal kembali, jika beras SPHP ini dijual dengan harga diatas hET maka tujuan itu tidak akan tercapai,"terangnya.

Ia mengakui, pihaknya sudah menemukan beberapa pedagang yang sengaja menjual harga beras SPHP diatas HET, sejumlah pedagang tersebut saat ini sudah tidak lagi dipasok beras SPHP.

"Sudah ada beberapa pedagang, tapi tidak di wilayah Kabupaten Temanggung, sanksi juga sudah kami berikan,"terangnya.

BACA JUGA:Pengedar Obat Haram Berhasil Ditangkap Satresnarkoba Polres Temanggung

Terkait dengan stok beras di Bulog ia menjelaskan, sampai saat ini cadangan beras di gudang Bulog masih aman untuk dua bulan kedepan, pasokan masih terus datang.

"Masyarakat jangan terlampau khawatir, pasokan beras masih aman, Hari ini masuk sekitar 250 ton di gudang kami," katanya.

Menurutnya, pihaknya bekerjasama dengan pemkab Temanggung akan terus mengelar operasi pasar, dipasaran Temanggung kemarin sudah digelar operasi pasar dengan jumlah beras 8 ton, saat ini dipasarkan Parakan 10 ton.

"Operasi pasar masih akan digelar di pasar Candiroto, kami juga akan sediakan beras sebanyak 10 ton,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres