Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat? Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!

Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat? Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!

Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat? Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!--

MAGELANG EKSPRES-Setiap waktu memiliki kelebihan dari waktu lainnya. Di antara waktu yang memiliki keutamaan untuk beramal sholeh adalah hari Jumat.

Allah telah memilih Jumat termasuk hari istimewa dibanding hari lainnya. Di hari istimewa itulah maka umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal sholeh.

Diantara amal sholeh yang dikerjakan pada hari Jumat adalah  memperbanyak shalawat kepada Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Amalan yang ringan di lisan namun pahalanya sangat besar itu mungkin banyak dilalaikan atau mungkin banyak yang belum tahu.

BACA JUGA:Mencontoh Semangat Bersedekah Rasulullah di Bulan Ramadhan, Perlu Kita Siapkan Mulai Sekarang!

Janganlah kita sampai melalaikan amalan ini. Apalagi bagi yang sudah mengetahui keutamaan bershalawat di hari Jumat, tentu tak ingin meninggalkannya.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam menyatakan orang yang memperbanyak shalawat maka akan diperlihatkan dengan beliau pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepada Rasulullah maka  dia termasuk orang yang paling dekat dengan beliau pada hari kiamat nanti.

Keutamaan memperbanyak shalawat di hari Jumat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

BACA JUGA:Jangan Bikin Orang Marah! Kisah Rasulullah Mengingatkan Abu Bakar

Dalil lain tentang keutamaan bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah :

1. Bagi yang bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam maka akan mendapatkan syafaat beliau di hari Kiamat

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: