Arus Mudik Lebaran 2024 Kota Magelang Diprediksi Meningkat

Arus Mudik Lebaran 2024 Kota Magelang Diprediksi Meningkat

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Saat Sesi Tanya Jawab Kepada Wartawan Usai Rapat Kordinasi di Artos Hotel-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES --Arus Mudik Lebaran 2024 Kota Magelang Diprediksi Meningkat. Oleh karena itu, Polda Jawa Tengah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi peningkatan arus mudik lebaran 2024.

Untuk itu, dilakukan rapat koordinasi bersama Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di Artos Hotel Magelang pada hari Rabu, 6 Maret 2024 pagi.

"Kenaikan arus diprediksi akan naik sebesar 4% dari jumlah 130 ribu kendaraan, menjadi 201 ribu yang masuk ke wilayah Jawa Tengah," jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi kepada para wartawan.

Arus mudik diperkirakan akan memuncak di tanggal 5 April 2024 dan arus baliknya seminggu setelahnya.

Menanggapi hal ini, Luthfi menyampaikan telah menyiapkan tim urai demi mencegah kepadatan arus kendaraan dalam operasi ketupat candi.

BACA JUGA:Gelar Trabas Bayangkara Nasional di Wonosobo, Kapolda Jateng: Cooling System Jelang Kampanye Terbuka

"Ketika terdapat kejadian kemacetan maupun penyempitan jalan dari lalu lintas normal, kami juga telah menyiapkan pos tinjau di berbagai rest area," ujarnya.

Adanya electronic traffic law enforcement (ETLE) drone, kata Luthfi, akan digunakan untuk memantau langsung lokasi yang mengalami kemacetan.

Sehingga, pihak kepolisian dapat dengan cepat mengambil tindakan di titik yang sudah ditandai dengan lancar.

"Rapat ini masih langkah awal, tentunya akan ditindaklanjuti dengan rapat-rapat berikutnya dengan berbagai instansi terkait," ucap Luthfi.

"Nantinya bakal kordinasi dengan pertamina, pengelola jalan tol, bahkan dinas-dinas lainnya," tambahnya.

BACA JUGA:Kapolda Jateng Resmikan Mako Polres Magelang Kota yang Baru

Lebih lanjut, Polda Jateng juga telah melakukan berbagai kegiatan operasi terkait lalu lintas mulai dari pra hingga pasca lebaran 2024.

Tak hanya itu, untuk mengatasi kemacetan di Klaten. Akan diadakan juga perpanjangan jalan tol Solo - jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres