Doa yang Sering Dilalaikan pada Bulan Ramadhan yakni saat Berbuka dan Sahur, Ada Apa?

Doa yang Sering Dilalaikan pada Bulan Ramadhan yakni saat Berbuka dan Sahur, Ada Apa?

Doa yang Sering Dilalaikan pada Bulan Ramadhan yakni saat Berbuka dan Sahur, Ada Apa?--

MAGELANG EKSPRES-Puasa tidak lepas dari doa. Salah satu kelalaikan Muslim saat puasa di bulan Ramadhan adalah tidak berdoa ketika berbuka puasa dan sahur.

Padahal saat berbuka dan saat sahur adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Artinya Allah akan mengabulkan doa hambanya di waktu-waktu tersebut.

Doa Mustajab saat Berbuka Puasa

Saat masuk berbuka puasa, orang lebih memikirkan untuk segera makan dan minum. Menikmati menu makan dan minum yang tersaji.

Mereka melalaikan doa. Padahal saat berbuka puasa merupakan waktu yang mustajab terkabulnya doa.

Ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa maka segeralah berbuka dengan kurma bila ada dan minum air putih. Kemudian baru membaca doa berbuka puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka beliau membaca doa berikut ini,

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dilanjutkan dengan doa hajat seperti yang kita inginkan. Sebab Allah akan mengabulkan doa hambanya di waktu yang mustajab.

Dalil terkabulnya doa saat berbuka puasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak : orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: