Pemkab Purworejo Siapkan Program Mudik Gratis, Sediakan 5 Bus Jemput Pemudik Jabodetabek

Pemkab Purworejo Siapkan Program Mudik Gratis, Sediakan 5 Bus Jemput Pemudik Jabodetabek

ARMADA BUS. Sejumlah armada bus disiapkan Pemkab Purworejo untuk program mudik gratis Lebaran 2024.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 5 armada bus disediakan Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Armada bus tersebut disiapkan bagi warga Kabupaten Purworejo yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Rencana mereka akan dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 5 April 2024. Sehingga diperkirakan sampai Purworejo sekitar 6 April 2024," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Fithri Edhi Nugroho, Selasa (26/3).

BACA JUGA:Kapolres Purworejo Ajak Penghuni Rutan Buber

Disebutkan Fithri, dalam program mudik gratis itu Pemprov Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 227 armada bus untuk perantau asal dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Jumlah armada bus yang disediakan Pemkab Purworejo dalam gelaran itu diketahui meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Pasalnya, pada Lebaran 2023 lalu, Pemkab Purworejo hanya menyiapkan 3 unit armada bus untuk program mudik gratis Pemprov Jateng.

Adapun bus yang disediakan Pemkab Purworejo memiliki kapasitas sekitar 50 kursi. Dengan demikian, jika ditotal, setidaknya ada sebanyak 250 perantau ber-KTP Purworejo yang mendapatkan fasilitas tersebut.

"Pendaftaran sudah sejak awal tahun (2024). Kami berkoordinasi dengan paguyuban warga Purworejo yang ada di Jabodotabek. Alhamdulillah sekarang sudah full book (penuh), meski sebenarnya masih kekurangan armada karena peminatnya banyak," sebutnya.

BACA JUGA:Bupati Purworejo Ajak Insan Media Jaga Sinergitas dengan Pemerintah

Pihaknya berharap, adanya program tersebut dapat memfasilitasi masyarakat Purworejo yang ingin pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan aman saat momen Lebaran 2024.

Diharapkan pula program itu membawa keberkahan lewat kegiatan saling berbagi.

"Khusus mudik gratis, untuk menyiapkan 5 bus angkutan dan  kebutuhan pendukung memakai dana sekitar Rp65 juta," ungkapnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres