Optimalkan Layanan, Perumda Air Minum Kota Magelang Siagakan Petugas 24 Jam

Optimalkan Layanan, Perumda Air Minum Kota Magelang Siagakan Petugas 24 Jam

Petugas PDAM Kota Magelang memamerkan teknik kecepatan pemasangan jaringan baru saat Forga tahun lalu.-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES — Selain menggratiskan seluruh tagihan tempat ibadah, satu hal lagi yang membuat publik Kota Magelang mengapresiasi kebijakan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda AM). Terutama masalah peningkatan layanan kebutuhan air kepada semua pelanggan.

Di bulan Ramadan hingga Idulfitri nanti, kebutuhan air bersih disinyalir akan meningkat signifikan. Untuk itu, Perumda AM Kota Magelang pun meningkatkan komitmennya untuk dapat melayani akses air minum selama 24 jam.

Direktur Utama Perumda AM Kota Magelang Moch Haryo Nugroho mengatakan, komitmen memberikan akses layanan air bersih 24 jam ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2023 lalu.

BACA JUGA:Tak Cuma Masjid dan Musala, Tagihan Air Gratis juga Berlaku Untuk Tempat Ibadah Umat Lain di Kota Magelang

Hanya saja, kini semakin dikembangkan agar tingkat kepuasan publik terhadap perusahaan plat merah milik Pemkot Magelang ini juga semakin meningkat.

“Kita sudah melakukan survei di semua wilayah pelanggan, termasuk kelurahan hingga tingkat RT. Survei ini dimaksudkan untuk memetakan wilayah yang berpotensi tidak teraliri air bersih selama 24 jam,” kata Moch Haryo.

Setelah diinventaris, titik-titik yang berpotensi mengalami kendala saat mengalirkan air bersih pun diperiksa jaringannya. Bahkan, Perumda AM juga senantiasa melaksanakan tatap muka wawancara dengan para pelanggan, guna mengoptimalisasi pelayanan distribusi air bersih.

“Di awal-awal memang ada beberapa kawasan yang tidak bisa 24 jam. Setelah kita inventaris, bukan hanya jaringan saja, tetapi topografi dan kendala teknis di rumah pelanggan juga jadi penyebabnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Program Walikota Magelang Sudah 3 Tahun Ini Tagihan Air Bersih untuk Tempat Ibadah Digratiskan

Namun demikian, sederet kendala itu kini satu per satu mulai terpecahkan.

Pihaknya juga rutin menerjunkan petugas untuk melakukan pengukuran tekanan di setiap wilayah dan pencarian kebocoran.

Perumda Air Minum Kota Magelang juga mengimbau masyarakat agar turut serta proaktif membantu melaporkan apabila menemukan kebocoran di wilayah sekitarnya.

BACA JUGA:Hore! Tagihan Air Tempat Ibadah di Kota Magelang 100 Persen Gratis

Direktur Perumda AM Kota Magelang, Bambang Pulunggono mengatakan, pelayanan air bersih selama Ramadan dan Idulfitri nanti menjadi prioritas utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres