Jalur Dieng Wonosobo Mulai Lancar

Jalur Dieng Wonosobo Mulai Lancar

JALAN. Situasi jalan utama Dieng Wonosobo. -istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES  - Pada H+ 5 seusai lebaran Idul Fitri tahun 2024, jalur Dieng Wonosobo mulai lancar kembali. Meskipun pada Senin (15/4) sempat terjadi penumpukan kendaraan.

Humas Polres Wonosobo, Aipda Nanang Dwi menyampaikan, arus kendaraan terlihat padat merayap terjadi mulai pukul 06.00 WIB.

Kemudian pukul 09.00 WIB hingga sekarang, kepadatan bisa terurai dan jalur Dieng ramai lancar.

BACA JUGA:Puluhan Balon Udara di Wonosobo Tak Diterbangkan, Ini Alasannya

"Sempat macet banget, terutama di kawasan Siyono Dieng. Karena hari bertepatan juga dengan event balon, jadi kemungkinan pemudik ingin menghadiri acara tersebut. Terus siang ini sudah mulai lancar bahkan sepi di pertigaan Dieng," ungkapnya saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Polres Wonosobo telah menerapkan sistem jalan satu arah atau one way saat masuk obyek wisata di Dieng pada Sabtu (13/4) lusa kemarin.

Kebijakan itu dilakukan karena para wisatawan dan pemudik banyak berdatangan ke Dieng.

Kasatlantas Polres Wonosobo, IPTU Edy Nugroho menyampaikan, sejak Sabtu lalu, kondisi jalanan menuju kawasan wisata Dieng mulai terjadi peningkatan lalu lintas, karena tepat memasuki masa balik mudik lebaran.

"Kita mulai terapkan satu jalur atau one way di Dieng agar tidak menyebabkan kemacetan," terangnya.

BACA JUGA:Gas Melon Langka, Sejumlah Pemilik Warung Makan di Magelang Terpaksa Libur Jualan

Rekayasa jalur itu dilakukan di pertigaan Dieng Kulon. Polisi Lalulintas (Polantas) membuat arus kendaraan yang akan masuk ke kawasan wisata menjadi sejalur. Kendaraan yang masuk ke Dieng diminta menggunakan jalan arah wisata Telaga Warna.

"Kendaraan masuk kawasan Telaga Warna, kemudian diteruskan menuju komplek wisata Kawah Sikidang dan berakhir di komplek Candi Arjuna Banjarnegara, sebelum diarahkan untuk pulang," ujarnya.

Kasatlantas Iptu Edy menyampaikan, rekayasa ini diterapkan dengan melihat kondisi di lapangan terlebih dahulu, atau situasional.

Karena jika kendaraan tampak padat, sistem one way dapat diberlakukan seketika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres