Tiga Pria Purworejo Spesialis Pencurian Kambing Diamankan Polisi

Tiga Pria Purworejo Spesialis Pencurian Kambing Diamankan Polisi

SPESIALIS PENCURIAN KAMBING. Tiga orang pria spesialis pencurian kambing diamankan Satreskrim Polres Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Kasus pencurian hewan ternak marak terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo. Kondisi banyaknya laporan warga terkait kehilangan hewan ternak kambing saat malam hari mendapat perhatian dari Polres Purworejo dan berhasil mengamankan tiga orang spesialis pencurian ternak yang telah melakukan puluhan ekor kambing di berbagai daerah.

Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo SIK MKP, menyebut sejumlah warga tercatat telah melaporkan ke pihak kepolisian, baik Polsek jajaran maupun Polres Purworejo, perihal kehilangan kambing.

Salah satunya adalah Suwito (52), warga Desa Kaliwatukranggan Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo yang mengalami kehilangan 2 ekor kambingnya pada hari Jumat tanggal 3  Mei 2024 sekitar pukul 03.00 WIB.

BACA JUGA:Agung Soenaryo Buron Kasus Pengadaan Lahan Proyek Bandara YIA Ditangkap

“Kami mendapat beberapa laporan kehilangan hewan ternak dan telah melakukan tindak lanjut atas laporan-laporan tersebut, salah satunya pelapor atas nama Pak Suwito,” kata Kapolres Purworejo didampingi Kasat Reskrim AKP Catur Agus YP, Selasa (14/5).

Berdasarkan hasil pengungkapan kasus diketahui bahwa kronologisnya berawal pada saat korban sedang beristirahat di dalam rumah.

Sekitar pukul 03.00 WIB korban mendengar suara asing yang diikuti suara kambing.

Merasa curiga, korban lantas keluar untuk mengecek kandang kambing miliknya yang berada di samping rumah.

BACA JUGA:Soal Pencurian MCB Lampu PJU, DPRD Angkat Bicara

Setelah dicek ternyata dua ekor kambing jawa jenis kelamin jantan dan betina bulu hitam kombinasi putih milik korban telah raib digondol maling. Ia pun mengalami kerugian sekitar Rp5 juta.

“Menurut keterangan korban, pada saat kejadian korban melihat mobil jenis mini bus warna putih yang diduga membawa kambingnya sedang melaju ke arah selatan sudah berjarak sekitar 50 meter dari rumah korban. Selanjutnya pelapor memberitahu saksi Untung yang pada saat itu sedang mancing di dekat lokasi kejadian, namun kehilangan jejak pelaku” terang Kapolres Purworejo.

Setelah mendapat laporan, Tim Reskrim Polres Purworejo melakukan serangkaian penyelidikan hingga diketahui sebanyak empat orang terduga pelaku dalam pencurian tersebut.

Tiga terduga pelaku dapat diamankan, yakni Sarwono (38) warga Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, Amran (26) Desa Kedung Pomahan Kulon Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo dan Boim (38) warga Desa Samping Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.

“Sedangkan satu pelaku masih dalam pencarian,” ungkapnya.
Dari ketiga pelaku yang berkerja sebagai petani, dalam melancarkan aksinya memiliki peran masing-masing. Boim bertugas menuntun kambing dari kandang ke mobil, Sarwono bertugas mengambil kambing dari kandang dengan cara membekam mulut kambing dan Amran bertugas sebagai driver mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres