Grebeg Syawal Desa Sambeng Purworejo Mampu Kuatkan Kerukunan Warga

Grebeg Syawal Desa Sambeng Purworejo Mampu Kuatkan Kerukunan Warga

GREBEG SYAWAL. Bupati Purworejo bersama jajaran Forkopimda menghadiri Grebeg Syawwal yang dirangkai dengan pengajian akbar di Dusun Bambon Desa Sambeng Kecamatan Bayan.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES- Grebeg Syawal yang digelar warga di Dusun Bambon Desa Sambeng Kecamatan Bayan mendapatkan apresiasi langsung dari Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, Senin 20 Mei 2024.

Tidak sekadar melestarikan tradisi keagamaan, Grebeg Syawalan juga menjadi wahana menguatkan kerukunan warga.

Grebeg Syawalan dirangkai dengan Santri Sholawat dan Pengajian Akbar menghadirkan Ustazah Mumpuni Handayayekti dari Cilacap.

BACA JUGA:Safari Kamtibmas di Purworejo, Irjend Ahmad Luthfi Tekankan Kearifan Lokal

Bupati Purworejo Yuli Hastuti yang hadir bersama jajaran Forkopimda menyebut bahwa Grebeg Syawalan merupakan salah satu tradisi keagamaan yang diwariskan oleh leluhur.
Tradisi ini merupakan wujud rasa syukur kita atas kemenangan dalam perjuangan melawan hawa nafsu selama bulan Ramadan.

"Penyelenggaraan Pengajian Umum dalam Rangka Grebeg Syawwal ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan patut kita apresiasi," katanya.

Pada bagian lain, bupati berharap kegiatan Grebeg Syawwal dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya juga ingin mengajak kepada seluruh hadirin untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita," ungkapnya.

BACA JUGA:Mualif dan Galuh Jadi Bagus Roro Purworejo 2024, Ini Tugas Barunya

Usai menghadiri Grebeg Syawwal, Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH didampingi Kabag Prokopim Anas Naryadi SH MM menghadiri peresmian Masjid Al-Iman Desa Wanurojo Kecamatan Kemiri. Acara dirangkai dengan pengajian akbar bersama Gus Miftah.

Yuli Hastuti sangat mengapresiasi semangat dan gotong royong masyarakat Desa Wanurojo dalam membangun Masjid Al-Iman ini. Pihaknya menilai keberhasilan pembangunan masjid ini merupakan buah dari kerja keras dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

"Pembangunan masjid merupakan salah satu wujud nyata dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Masjid bukan hanya tempat untuk beribadah saja, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Yuli Hastuti berharap dengan adanya Masjid Al-Iman ini, dapat meningkatkan kualitas ibadah, keimanan dan menjadi tempat untuk menimba ilmu agama, mempererat persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Giliran Petani Purworejo, Dukung Sudaryono Jadi Calon Gubernur Jateng 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres