5 Orang Wonosobo Incar Jabatan Bupati Via Partai Demokrat

5 Orang Wonosobo Incar Jabatan Bupati Via Partai Demokrat

DEMOKRAT. DPC Partai Demokrat dalam sebuah acara di Wonosobo. -istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Terdapat sebanyak 9 orang telah berbondong-bondong mendaftarkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lewat DPC Partai Demokrat Wonosobo. Sebanyak 5 di antaranya mengincar jabatan menjadi bupati.

Ketua DPC Partai Demokrat Wonosobo, Mugi Sugeng menyampaikan, nama-nama 5 tokoh tersebut muncul setelah pihaknya menerima kembali formulir pendaftaran bursa Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup-bacawabup).

"Ada 5 nama yang mendaftarkan diri sebagai Bacabup Wonosobo," kata Mugi Sugeng usai dikonfirmasi ulang, Jumat (24/5).

Diketahui, DPC Partai Demokrat Wonosobo telah membukakan pendaftaran Bacabup-bacawabup selama 15 hari. Terhitung mulai 22 April hingga 5 Mei 2024 lalu. Kata Mugi, hanya 7 orang yang mengembalikan formulir dan tampaknya bertekad maju.

BACA JUGA:Tahapan Pilkada Mulai, KPU Wonosobo Belum Beri Kepastian Status Komisioner Riswahyu

"Pendaftaran sudah ditutup. Dari 9 orang, ada 7 orang yang mengembalikan formulir. 5 orang daftar Bacabup, dan 2 sisanya mendaftar sebagai Bacawabup Wonosobo," ujarnya.

Ia membeberkan, masing-masing calon tersebut adalah tokoh yang memiliki nama besar di Kabupaten Wonosobo. Beberapa di antara mereka merupakan pengusaha, mantan pejabat kepemerintahan, pejabat kepolisian, hingga tokoh agama.

"Nama-nama yang sudah mendaftar berlatarbelakang beda-beda. Ada ASN, pengusaha, dan tokoh agama," ungkapnya.

Setelah partai menerima formulir dari para bakal calon, kata Mugi, tahapan selanjutnya yaitu rapat pleno di Satgas Pilkada DPC Partai Demokrat Wonosobo.

Kemudian mengirimkan hasil rapat ke DPD dan DPP Partai Demokrat untuk menurunkan surat rekomendasi.

BACA JUGA:Potensi Koalisi Gerindra dan Demokrat Makin Besar Usung Calon Ini di Pilgub Jateng

Dalam rapat tersebut setidaknya juga untuk menentukan Bacabup dan Bacawabup yang akan diusung Partai Demokrat.

Adapun pertimbangannya, sejauh mana bakal calon memiliki popularitas, elektabilitas, komitmen, serta visi dan misi untuk kemajuan Kabupaten Wonosobo.

“Tahap terakhir adalah rekomendasi dari DPP Partai Demokrat dan partai koalisi yang lain. Guna mengukur popularitas dan elektabilitas nanti akan dilakukan survei bagi semua Bacabup dan Bacawabup,” tutur Mugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres