Panen Hasil Karya Siswa P5 di SMKN 3 Magelang

Panen Hasil Karya Siswa P5 di SMKN 3 Magelang

Panen Hasil Karya Siswa P5 Di SMKN 3 Magelang-dokumen smk negeri 3 magelang-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - SMKN 3 Magelang menyelenggarakan kegiatan Panen Hasil Karya Siswa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu 22 Mei 2024 di selasar sekolah setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan pencapaian peserta didik dan kontribusi pendidik/tenaga kependidikan SMKN 3 Magelang dalam kegiatan P5, mengakui pentingnya nilai layanan sekolah kepada semua pihak, dan mengakui pentingnya keterlibatan warga sekolah dalam masyarakat dan lingkungan sekolah.

Acara dipandu oleh Reisya Edrilia Azzah (X Broadcasting-Perfilman) dan Adinda Ayudya Kinanti (XI Kuliner 1). Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas X dan XI dari lima program keahlian di SMKN 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broascasting dan Perfilman, dan Busana dan semua guru-karyawan. 

Panen Hasil Karya Siswa ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran P5 dengan tema kearifan lokal untuk kelas X dan XI. 

BACA JUGA:Siswa SMKN 3 Magelang Ikuti Fashion Show di Pasar Takjil Magelang

Pembelajaran diawali dengan pembuatan modul ajar oleh tim koordinator kelas baik fase E maupun fase F. Kemudian modul tersebut disampaikan ke perserta didik oleh Bapak/Ibu guru fasilitator P5 melalui berbagai strategi dan model pembelajaran, di antaranya dengan menghadirkan guru tamu di sekolah. 

Selanjutnya peserta didik melaksanakan observasi di dunia kerja dan dunia industri secara berkelompok sesuai dengan pilihan masing-masing. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang. 

"Pada hari ini kita menyaksikan hasil pendampingan Bapak/ Ibu fasilitator dan pendamping P5 di kelas X dan XI dengan tema kearifan lokal. Apakah anak-anak dalam mengerjakan produk yang dipamerkan tersebut sudah memunculkan berbagai dimensi yang akan dicapai dalam tema kearifan lokal? Mudah-mudahan tidak hanya gelar karyanya saja yang meriah tetapi dimensi yang ditargetkan sejak awal juga bisa tercapai," ungkap Mila Yustiana, SPd, MMPar, selaku Kepala SMKN 3 Magelang dalam sambutannya.

BACA JUGA:Siswa Busana SMKN 3 Magelang Gelar Ekspos Karya Tugas Akhir Tahun 2024

Aktivitas yang ditampilkan dalam Panen Hasil Karya Siswa dalam P5, di antara pameran produk karya siswa, berbagai tarian, prosesi Tedak Siten, dan refleksi kegiatan P5 dalam bentuk stand pameran, video, portofolio hasil observasi, dan pementasan.  

Produk yang dipamerkan berupa makanan dan minuman tradisional, seperti getuk, slondok, peyek, ketan lopis, dawet, jamu, bubur lendrang, sop senerek, criping getuk, sate getuk, jenang candil, jenang sumsum, dll. Ada juga wayang, kain batik, gerabah, taplak meja, dll. 

Prosesi acara Tedak Siten ditampilkan dengan segala perlengkapannya, seperti kurungan ayam, tangga dari pohon tebu, pisang raja, bunga setaman, jajan pasar, berbagai jenang, dan udhik-udhik. Tarian yang disajikan dalam acara tersebut ada dua yakni tari Kuntulan dan tari Deghleng. (umi khayah rusiyanah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: