Kabar Gembira! Program Air Gratis di Kota Magelang Diperpanjang

Kabar Gembira! Program Air Gratis di Kota Magelang Diperpanjang

PDAM Kota Magelang memperpanjang bantuan subsidi gratis tagihan air kepada warga miskin yang terdata di DTKS-IST-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Perumda Air Minum Kota Magelang berencana memperpanjang subsidi tagihan air gratis kepada warga miskin.

Kepastikan tersebut diutarakan Direktur Utama Perumda AM Kota Magelang, Moch Haryo Nugroho, Jumat, 31 Mei 2024.

"Program ini direspons positif masyarakat. Dan Pak Wali (Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz) menginginkan agar terus diberlakukan," kata Moch Haryo.

Dia menjelaskan, program ini diberikan untuk meringankan warga kurang mampu.

BACA JUGA:Bantuan Subsidi Gratis Tagihan Air PDAM Kota Magelang Banjir Pujian

Haryo menyebut, ada 1.148 pelanggan yang sudah mendapatkan program air gratis dari Perumda AM Kota Magelang.

“Jumlah itu termasuk dalam Desil 1 DTKS Bapperida dan Dinas Sosial Kota Magelang. Untuk bulan Mei dan Juni, jumlahnya masih sama," ujarnya.

Rumah tangga penerima manfaat subsidi air gratis ini yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tersebut menerima pembebasan biaya 10 meter kubik setiap bulannya, atau jika dikurs-kan dengan nilai tagihan sebesar Rp33.500 per pelanggan.

"Kami harap program ini dapat mengurangi beban warga kurang mampu di  Kota Magelang Magelang," ucapnya.

BACA JUGA:Dukung Visi Misi Pemkot Magelang, PDAM Distribusi Truk Tangki Air Bersih Secara Gratis untuk Tempat Ibadah

Meski gratis, namun Haryo meminta agar masyarakat tetap menggunakan air bersih secara bijaksana. Caranya dengan tetap melakukan penghematan.

"Jumlah yang disubsidi kan 10 meter kubik. Jadi saya harapkan menggunakan air secara bijak tetap dilaksanakan," terangnya.

Sementara itu, banjir pujian turut dilontarkan para pelanggan Perumda AM Kota Magelang. Salah satunya, di wilayah Magelang Utara.

“Ya sangat bersyukur karena sekarang kita tidak perlu bayar tagihan air. Walaupun tidak sepenuhnya gratis. Untuk bulan ini saja, tetap bayar tagihan Rp10 ribu," ujar Supriyantoro, warga Sanden, Kramat Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres